main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Kamis, 02 Agustus 2018 - 07:18:02

Imunisasi MR Lindungi Anak Indonesia dari Kecacatan

Imunisasi MR Lindungi Anak Indonesia dari Kecacatan

Indonesia berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak (measles) dan pengendalian penyakit Rubella (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. Salah satu strateginya dengan melaksanakan Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR).

Kampanye Imunisasi MR yang dilaksanakan dua fase, pada Agustus-September 2017 dan bulan yang sama pada tahun 2018 adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal. Upaya ini untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella secara cepat, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

"Kalau kena rubella, mungkin tidak meninggal, tapi cacatnya luar biasa, bisa mengalami kebutaan, ketulian. Kita cegah ini dengan imunisasi," kata Menkes RI Prof Nila F. Moeloek. Ia menekankan pentingnya imunisasi sebagai antibodi dan proteksi dari penyakit.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus.

Imunisasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama masa kampanye. Imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin segera setelah masa kampanye berakhir, diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan anak kelas 1 SD/sederajat tanpa dipungut biaya.

Untuk dapat memutuskan mata rantai penularan penyakit campak dan rubella maka diperlukan cakupan imunisasi minimal 95%. Dengan cakupan imunisasi MR yang tinggi pada sasaran usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun ini juga dapat melindungi kelompok usia yang lebih besar termasuk ibu hamil agar tidak tertular virus Rubella, karena sekitar 80% sirkulasi virus campak dan rubella terjadi pada usia tersebut.

Kampanye imunisasi MR fase I telah dilaksanakan selama Agustus-September 2017 untuk seluruh wilayah di pulau Jawa dan telah berhasil mencapai target cakupan nasional 100,98% dengan jumlah anak yang telah diimunisasi adalah 35.307.148 anak.

Dilanjutkan Kampanye Imunisasi MR fase II akan dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2018 untuk seluruh wilayah di luar pulau Jawa dengan jumlah sasaran sekitar 31.963.154 anak.

Pada bulan Agustus, imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah di sekolah-sekolah (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), dan pada bulan September diberikan di Posyandu, Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan lainnya untuk bayi dan anak yang belum bersekolah dan anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Melalui kegiatan kampanye dan introduksi imunisasi MR dengan cakupan yang tinggi, diharapkan akan tercapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella sehingga  anak-anak Indonesia dapat terlidungi dari penyakit berbahaya dan menimbulkan kecacatan.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (myg)

 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Kementerian Kesehatan RI

drg. Widyawati, MKM

 Buku Tamu
  • Bagaimana cara registrasi di eplanning, kog diwebnya disuruh login tidak ada registrasinya. Mohon dibuatkan pdf manual biar masyarakat semua tau

  • Selamat siang, apa belum ada pengumuman ttg hasil rekapitulasi skd dan skb cpns 2018?

  • slamat malam min. mau tanya. apa sudah ada tanda2 pengumuman kelulusan skb kh min? trima kasih

  • selamat siang min, kira kira kapan pengumuman hasil kelulusan tes cpns pemkot Balikpapan?

  • Asallamualaikum Min, mau tanya setelah tes SKB kapan diumumkan hasil Final nya? Terimakasih

  • Kepada Yth Bapak Lurah Sepinggan Baru, agar kiranya dapat memberi penjelasan apa tujuan dan fungsi dari Fasilitas Umum Perumahan Korpri Blok 1 F RT 29 dan RT 28, apakah warga sekitarnya tidak bisa memanfaatkannya. Apakah Fasum2 perumahan itu diperuntukkan masing2 RT sesuai rencana awal diadakannya perumahan Korpri. . didepan rumah saya Fasumnya aneh di Patok sebelah larangan bagi warga bukan RT sebelah menggunakannya. sementara Pembangunan Fasum tersebut juga diambil dari uang APBD Kota Balikpapan bukan dana sumbangan. Kalo memang dilarang menggunakan fasum dan sejenisnya bikin saja Rambu larangan dari pada menanam Patok membahayakan pejalan kaki dan anak-anak. Lahannyapun juga bagian dari Perumahan Korpri., bukankah fasum diurus oleh bagian Pertamanan Kota Kami juga mau menanyakan mekanisme hibah tanah negara milik Pemkot Balikpapan yang tidak untuk kepentingan umum.

  • Assalamualaikum min setelah tes SKB CPNS kpn lagi jdwl utk psikotes krn dipengumuman sebelumnya selain SKB ada psikotesnya. Terimakasih

  • Assalamualaikum min gimana sudah ada info untuk perengkingan SKB tiap instansi. Kira2 kapan ya dari kota lain sdh mengeluarkan kpn dibalikpapan. Terimakasih

  • Mohon info, pengumuman hasil test SKD CPNS kapan? Terima kasih

  • Selamat sore, mohon infonya kapan hasil tes skd cpns 2018 balikpapan ya?di reply ya min... trima kasih


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id