main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 05 Desember 2018 - 09:06:32

KIPI Belum Temukan Adanya Kasus Pasca Imunisasi MR

BALIKPAPAN - Tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) memastikan kasus Muhammad Arif siswa  kelas VI SD  di Balikpapan bukan merupakan kasus pasca menjalani Imunisasi MR.

 

Meski demikian KIPI memberikan perhatian pada kasus ini terutama pemahaman terhadap penyakit Psoriasis (penyakit kulit) atau Campak Rubella yang menjadi perhatian Kementerian RI.

 

Dr. dr. Hindra Irawan Sayati, SpA (K), MTropPaed- Ketua Komnas PP KIPI mengatakan kasus Psoriasis tergolong jarang terjadi pada anak. Namun kasus ini tidak ada hubungannya dengan Vaksin MR. Pihaknya sudah melakukan pengecekan hasil vaksin bagi ana-anak di pulau Jawa pada 2017 lalu. Dari 35 juta anak yang divaksin tidak ditemukan kasus seperti yang dialami Arif

 

“Kami sudah cek, mulai dari program imunisasi MR di jawa dengan sasaran 35 juta anak, sampai saat ini baru Arif yang mengalami kejadian pada kulit,” jelasnya usai Pertemuan Koordinasi Keamanan Vaksin MR di aula Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (04/12) 

 

Prof. DR. dr. Benny Effendi Wiryadi, Sp. KK (K). Guru Besar FKUI RSCM menilai penyakit kulit yang diderita Arif masuk kategori ringan dan merupakan dampak dari mutasi gen oleh ibunya ketika sang ibu hamil. Sehingga Arif mengalami autoimun yang menjadi pencetus timbulnya ruam yang terasa perih dan gatal pada sekujur tubuh Arif.

 

Meski ringan, menurut dr. Benny penyembuhan Psoriasis pada Arif membutuhkan waktu yang panjang, bahkan bisa sampai seumur hidup. Ini dikarenakan penyakit kulit senantiasa muncul kembali, ketika luka sudah mulai mengering. “Harus terus ada pengawasan dokter, ketika muncul merah-merah lagi langsung diobatin. Kalau sudah kering bisa pakai pelembab kulit. Kulit kering ini bisa juga memicu munculnya ruam baru,” terangnya.

 

Pada kesempatan sama, dr. Roby S. Firmansyah, M. Kes, Sp.KK, dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang menangani kasus Arif memastikan kondisi Arif sudah membaik. “Sudah pulang ke rumah sudah normal dan beraktivitas seperti biasa. Arif saya minta kontrol satu minggu sekali. Ibarat Diabetes, begitu ruamnya kambuh diobatin. Saya ga bisa bilang 100 persen tapi kesembuhannya sudah bagus sekali,” ungkapnya.

 

Penyakit Psoriasis yang dialami Arif ini diketahui dari hasil biopsi kedua yang dikirimkan ke Patologi Anatomi di Makasar pada awal November.“Hasil biopsi pertama kan Psoriasis nah kedua juga sama. Keluar hasil kedua November. Jadi kita tidak melakukan biopsi lanjutan lagi. Sekarang kontrol rutin dan pengobatan. Obat yang kita beri salah satunya untuk menekan reaksi imun berlebih,” tukasnya.

 Buku Tamu
  • Selamat siang min, saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi tapi registrasinya tidak bisa tersimpan, ketika diperiksa data univ hilang, itu kenapa ya? terima kasih

  • Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa stimulan balikpapan dan ketika saya sudah memasuki nama perguruan tinggi tempat saya kuliah, muncul tetapi untuk program studi saya tidak ada malah hanya muncul 1 program studi saja untuk yang D4, bagaimana solusinya? Terimakasih

  • Selamat malam, min mau nanya saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi pendaftaran beasiswa stimulan tapi registrasi kami tidak bisa tersimpan, kenapa ya min? terima kasih min.

  • Pagi.. Saya mau tanya apakah ada beasiswa untuk pelajar anak2 SD? Kalo ada, apakah persyaratannya?

  • Saya ingin bertanya, berkaitan dengan dibukanya beasiswa stimulan dan kebetulan baru saja kampus saya STMIK Balikpapan, berganti nama menjadi Univ. Mulia. Dan prodi saya yg awalnya Teknik Informatika menjadi Informatika saja, maka data yg saya gunakan yg mana ya pak/bu? Sedangkan KHSnya masih dengan nama dan prodi yg lama? Terimakasih.

  • Mohon maaf mau bertanya, nama universitas mulia di pendaftaran beasiswa stimulan masih "STMIK Balikpapan" tapi di KHS dan data yang lain sudah atas nama Universitas Mulia, apakah tidak ada masalah dengan itu? Terimakasih

  • Assalamualaikum mau nanya apakah program KIA untuk sementara Di stop atau tidak dilanjutkan Mohon informasinya Regard Dahriansyah

  • Saya ingin bertanya, kesalahan dalam mengisi semester di pendaftaran beasiswa apakah bermasalah ya ?

  • apakah kita sudah dapat melakukan pendaftaran beasiswa?

  • apakah pendaftaran beasiswa stimulan udh dibuka?

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id