main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 05 Desember 2018 - 09:06:32

KIPI Belum Temukan Adanya Kasus Pasca Imunisasi MR

BALIKPAPAN - Tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) memastikan kasus Muhammad Arif siswa  kelas VI SD  di Balikpapan bukan merupakan kasus pasca menjalani Imunisasi MR.

 

Meski demikian KIPI memberikan perhatian pada kasus ini terutama pemahaman terhadap penyakit Psoriasis (penyakit kulit) atau Campak Rubella yang menjadi perhatian Kementerian RI.

 

Dr. dr. Hindra Irawan Sayati, SpA (K), MTropPaed- Ketua Komnas PP KIPI mengatakan kasus Psoriasis tergolong jarang terjadi pada anak. Namun kasus ini tidak ada hubungannya dengan Vaksin MR. Pihaknya sudah melakukan pengecekan hasil vaksin bagi ana-anak di pulau Jawa pada 2017 lalu. Dari 35 juta anak yang divaksin tidak ditemukan kasus seperti yang dialami Arif

 

“Kami sudah cek, mulai dari program imunisasi MR di jawa dengan sasaran 35 juta anak, sampai saat ini baru Arif yang mengalami kejadian pada kulit,” jelasnya usai Pertemuan Koordinasi Keamanan Vaksin MR di aula Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (04/12) 

 

Prof. DR. dr. Benny Effendi Wiryadi, Sp. KK (K). Guru Besar FKUI RSCM menilai penyakit kulit yang diderita Arif masuk kategori ringan dan merupakan dampak dari mutasi gen oleh ibunya ketika sang ibu hamil. Sehingga Arif mengalami autoimun yang menjadi pencetus timbulnya ruam yang terasa perih dan gatal pada sekujur tubuh Arif.

 

Meski ringan, menurut dr. Benny penyembuhan Psoriasis pada Arif membutuhkan waktu yang panjang, bahkan bisa sampai seumur hidup. Ini dikarenakan penyakit kulit senantiasa muncul kembali, ketika luka sudah mulai mengering. “Harus terus ada pengawasan dokter, ketika muncul merah-merah lagi langsung diobatin. Kalau sudah kering bisa pakai pelembab kulit. Kulit kering ini bisa juga memicu munculnya ruam baru,” terangnya.

 

Pada kesempatan sama, dr. Roby S. Firmansyah, M. Kes, Sp.KK, dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang menangani kasus Arif memastikan kondisi Arif sudah membaik. “Sudah pulang ke rumah sudah normal dan beraktivitas seperti biasa. Arif saya minta kontrol satu minggu sekali. Ibarat Diabetes, begitu ruamnya kambuh diobatin. Saya ga bisa bilang 100 persen tapi kesembuhannya sudah bagus sekali,” ungkapnya.

 

Penyakit Psoriasis yang dialami Arif ini diketahui dari hasil biopsi kedua yang dikirimkan ke Patologi Anatomi di Makasar pada awal November.“Hasil biopsi pertama kan Psoriasis nah kedua juga sama. Keluar hasil kedua November. Jadi kita tidak melakukan biopsi lanjutan lagi. Sekarang kontrol rutin dan pengobatan. Obat yang kita beri salah satunya untuk menekan reaksi imun berlebih,” tukasnya.

 Buku Tamu
  • Kepada Yth Bapak Lurah Sepinggan Baru, agar kiranya dapat memberi penjelasan apa tujuan dan fungsi dari Fasilitas Umum Perumahan Korpri Blok 1 F RT 29 dan RT 28, apakah warga sekitarnya tidak bisa memanfaatkannya. Apakah Fasum2 perumahan itu diperuntukkan masing2 RT sesuai rencana awal diadakannya perumahan Korpri. . didepan rumah saya Fasumnya aneh di Patok sebelah larangan bagi warga bukan RT sebelah menggunakannya. sementara Pembangunan Fasum tersebut juga diambil dari uang APBD Kota Balikpapan bukan dana sumbangan. Kalo memang dilarang menggunakan fasum dan sejenisnya bikin saja Rambu larangan dari pada menanam Patok membahayakan pejalan kaki dan anak-anak. Lahannyapun juga bagian dari Perumahan Korpri., bukankah fasum diurus oleh bagian Pertamanan Kota Kami juga mau menanyakan mekanisme hibah tanah negara milik Pemkot Balikpapan yang tidak untuk kepentingan umum.

  • Assalamualaikum min setelah tes SKB CPNS kpn lagi jdwl utk psikotes krn dipengumuman sebelumnya selain SKB ada psikotesnya. Terimakasih

  • Assalamualaikum min gimana sudah ada info untuk perengkingan SKB tiap instansi. Kira2 kapan ya dari kota lain sdh mengeluarkan kpn dibalikpapan. Terimakasih

  • Mohon info, pengumuman hasil test SKD CPNS kapan? Terima kasih

  • Selamat sore, mohon infonya kapan hasil tes skd cpns 2018 balikpapan ya?di reply ya min... trima kasih

  • Slmt siang min.. Kapan nih pengumuman hasil SKD, knp Balikpapan lama sekali mengumumkan hasil tes. wilayah lain yang terpencil aja sudah mengumumkan hasil tesnya, mohon info secepatnya agar kami mendapat kepastian apakah saya masuk dalam perankingan. Harap2 cemas min....

  • Selamat pagi min mw tanya smpai saat ini blm ada pengumuman mengenai hasil SKD kah? Terima kasih

  • Min, kpn keluar pengumuman hasil tes SKD. Saya malah khawatir ketinggalan info... Knp Balikpapan blm mengumumkan peserta yang lulus SKD, kok lama banget ya...

  • assalamualaikum...mohon info pengumuman SKB CPNS di Balikpapan kapan ya?

  • Sore min, kpn pengumuman dan jadwal SKB CPNS 2018...?? katanya hari ini pengumuman serentak berikut daftar nama peserta yang lulus perankingan dan lulus Passing Grade Thanks min...


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id