main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 05 Desember 2018 - 09:12:19

Vaksin MR Tidak Direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

BALIKPAPAN- Dr. dr. Hindra Irawan Sayati, SpA (K), MTropPaed- Ketua Komnas PP KIPI mengatakan vaksinanasi MR tidak diperuntukan bagi ibu hamil. Vaksin lebih ditujukan kepada 67 juta lebih anak Indonesia usia 9 bulan, 18 bulan dan  usia sekolah dasar hingga usia  15 tahun.

 

“Kalaupun tidak tercover mereka pada fase II ini kita harapkan tercover pada imunisasi MR berikutnya (fase III). Dengan perhitungan tadi diharapkan, akan mengurangi resiko tertularnya ibu hamil oleh virus campak dan rubella karena anak-anak disekitarnya telah diimunisasi,” jelasnya saat Pertemuan Koordinasi Keamanan Vaksin MR di Kota Balikpapan pada Selasa (04/12).

 

Diketahui pada fase I, sebanyak 35 juta lebih anak di pulau Jawa telah divaksinasi MR pada Agustus - September 2017 lalu. Pada fase II, sebanyak 31 juta anak diluar pulau Jawa giliran mendapatkan vaksinasi MR. “Angka kejadian lebih tinggi disitu (usia 09 bulan hingga 15 tahun) dari pada ibu sebelum hamil,” jelasnya.

 

Dia mengatakan jika angka imunisasi MR mencapai 95-100 persen maka kondisi ini aman bagi ibu hamil dari penularan virus MR. “Karena lingkungan sudah aman. Kalau sumber penularan ini dikebalkan maka si wanita hamil tidak akan menular. Sumber penularan bukan si wanita hamil tapi anak-anak itu. Jadi ini yang kita cakup supaya ibu hamil tidak tertularkan,” tandasnya.

 

Indra menjelaskan kembali kandungan imunisasi MR ini adalah virus yang dilemahkan sehingga  vaksin ini tidak bisa diberikan kepada ibu hamil. “Jadi bagusnya  sebelum nikah atau usia subur sebelum hamil. Yang bisa diberikan vaksin bagi ibu hamil vaksin tetanus PP, memang MR tidak direkomendasikan bagi ibu hamil,” terangnya.

 

“Paling tidak berikan MR itu dua kali sebelum ibu hamil. Paling tidak setelah enam bulan disuntik vaksin MR ya bisa diberikan kembali. Insyaallah waktu dia hamil dia kebal terhadap MR,” tukasnya.

 Buku Tamu
  • Selamat siang min, saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi tapi registrasinya tidak bisa tersimpan, ketika diperiksa data univ hilang, itu kenapa ya? terima kasih

  • Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa stimulan balikpapan dan ketika saya sudah memasuki nama perguruan tinggi tempat saya kuliah, muncul tetapi untuk program studi saya tidak ada malah hanya muncul 1 program studi saja untuk yang D4, bagaimana solusinya? Terimakasih

  • Selamat malam, min mau nanya saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi pendaftaran beasiswa stimulan tapi registrasi kami tidak bisa tersimpan, kenapa ya min? terima kasih min.

  • Pagi.. Saya mau tanya apakah ada beasiswa untuk pelajar anak2 SD? Kalo ada, apakah persyaratannya?

  • Saya ingin bertanya, berkaitan dengan dibukanya beasiswa stimulan dan kebetulan baru saja kampus saya STMIK Balikpapan, berganti nama menjadi Univ. Mulia. Dan prodi saya yg awalnya Teknik Informatika menjadi Informatika saja, maka data yg saya gunakan yg mana ya pak/bu? Sedangkan KHSnya masih dengan nama dan prodi yg lama? Terimakasih.

  • Mohon maaf mau bertanya, nama universitas mulia di pendaftaran beasiswa stimulan masih "STMIK Balikpapan" tapi di KHS dan data yang lain sudah atas nama Universitas Mulia, apakah tidak ada masalah dengan itu? Terimakasih

  • Assalamualaikum mau nanya apakah program KIA untuk sementara Di stop atau tidak dilanjutkan Mohon informasinya Regard Dahriansyah

  • Saya ingin bertanya, kesalahan dalam mengisi semester di pendaftaran beasiswa apakah bermasalah ya ?

  • apakah kita sudah dapat melakukan pendaftaran beasiswa?

  • apakah pendaftaran beasiswa stimulan udh dibuka?

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id