main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 05 Desember 2018 - 09:12:19

Vaksin MR Tidak Direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

BALIKPAPAN- Dr. dr. Hindra Irawan Sayati, SpA (K), MTropPaed- Ketua Komnas PP KIPI mengatakan vaksinanasi MR tidak diperuntukan bagi ibu hamil. Vaksin lebih ditujukan kepada 67 juta lebih anak Indonesia usia 9 bulan, 18 bulan dan  usia sekolah dasar hingga usia  15 tahun.

 

“Kalaupun tidak tercover mereka pada fase II ini kita harapkan tercover pada imunisasi MR berikutnya (fase III). Dengan perhitungan tadi diharapkan, akan mengurangi resiko tertularnya ibu hamil oleh virus campak dan rubella karena anak-anak disekitarnya telah diimunisasi,” jelasnya saat Pertemuan Koordinasi Keamanan Vaksin MR di Kota Balikpapan pada Selasa (04/12).

 

Diketahui pada fase I, sebanyak 35 juta lebih anak di pulau Jawa telah divaksinasi MR pada Agustus - September 2017 lalu. Pada fase II, sebanyak 31 juta anak diluar pulau Jawa giliran mendapatkan vaksinasi MR. “Angka kejadian lebih tinggi disitu (usia 09 bulan hingga 15 tahun) dari pada ibu sebelum hamil,” jelasnya.

 

Dia mengatakan jika angka imunisasi MR mencapai 95-100 persen maka kondisi ini aman bagi ibu hamil dari penularan virus MR. “Karena lingkungan sudah aman. Kalau sumber penularan ini dikebalkan maka si wanita hamil tidak akan menular. Sumber penularan bukan si wanita hamil tapi anak-anak itu. Jadi ini yang kita cakup supaya ibu hamil tidak tertularkan,” tandasnya.

 

Indra menjelaskan kembali kandungan imunisasi MR ini adalah virus yang dilemahkan sehingga  vaksin ini tidak bisa diberikan kepada ibu hamil. “Jadi bagusnya  sebelum nikah atau usia subur sebelum hamil. Yang bisa diberikan vaksin bagi ibu hamil vaksin tetanus PP, memang MR tidak direkomendasikan bagi ibu hamil,” terangnya.

 

“Paling tidak berikan MR itu dua kali sebelum ibu hamil. Paling tidak setelah enam bulan disuntik vaksin MR ya bisa diberikan kembali. Insyaallah waktu dia hamil dia kebal terhadap MR,” tukasnya.

 Buku Tamu
  • Yth.Bapak/Ibu Pejabat Terkait mohon maaf sebelumnya. Saran dan Masukan : 1. Sepanjang Jalan mulai dari Sepinggan sampai dengan Jl. Mulawarman banyak jalan yang berlubang dan sangat membahayakan pengendara lalu lintas terutama kendaraan roda dua. , mohon ijin kepada Bapak/Ibu pejabat terkait agar kiranya dapat segera memperbaiki sebagaimana mestinya. terima kasih

  • Dear admin, mohon dikirmkan file gambar umbu2 dan spanduk ke email kami. kalau bisa yang resolusi tinggi ya

  • Mohon segera dikirim file besar spanduk & umbul2 HUT kota Balikpapan, Corel, JPG atau PNG . makasih

  • Dear admin, mohon bantu link format spanduk hut balikpapan ke-122 dengan resolusi high,, mohon diinfokan ke ekymaulana@gmail.com / itoffblp@unitedtractors.com (082148957667) terima kasih

  • Mohon dikirim file contoh spanduk HUT BPN ke 22 ke email saya .terima kasih

  • Segera Kirimkan File Besar Spanduk Resmi HUT BPN ke 122

  • Kirim kan File Contoh Spanduk Resmi HUT BPN 122 dalam bentuk File JPG / Corel dll, size besar.. terima kasih

  • Permisi mau nanya min gimana si sistem beasiswa pemkot di Balikpapan. Untuk menuju keperguruan tinggi?

  • Mohon agar Diskominfo agar lebih preventif dan memerhatikan website masing-masing OPD Pemkot Balikpapan. Hampir keseluruhan website OPD tersebut tidak aktif dan usang/ expired. Hal tersebut bertujuan agar kami dapat memperoleh data dan informasi publik seputar manajemen dan berita aktual OPD tersebut. Terima Kasih.

  • selamat sore mohon informasi .... apakah ada izin khusus dari pemertintah , untuk perusahaan yang mempunyai penyimpanan solar lebih dari 6000 liter , jika ada bagaimana cara mengurus perizinannya mohon info ke : faisal.tofwandi@omsos.com


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id