main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 05 Desember 2018 - 09:12:19

Vaksin MR Tidak Direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

BALIKPAPAN- Dr. dr. Hindra Irawan Sayati, SpA (K), MTropPaed- Ketua Komnas PP KIPI mengatakan vaksinanasi MR tidak diperuntukan bagi ibu hamil. Vaksin lebih ditujukan kepada 67 juta lebih anak Indonesia usia 9 bulan, 18 bulan dan  usia sekolah dasar hingga usia  15 tahun.

 

“Kalaupun tidak tercover mereka pada fase II ini kita harapkan tercover pada imunisasi MR berikutnya (fase III). Dengan perhitungan tadi diharapkan, akan mengurangi resiko tertularnya ibu hamil oleh virus campak dan rubella karena anak-anak disekitarnya telah diimunisasi,” jelasnya saat Pertemuan Koordinasi Keamanan Vaksin MR di Kota Balikpapan pada Selasa (04/12).

 

Diketahui pada fase I, sebanyak 35 juta lebih anak di pulau Jawa telah divaksinasi MR pada Agustus - September 2017 lalu. Pada fase II, sebanyak 31 juta anak diluar pulau Jawa giliran mendapatkan vaksinasi MR. “Angka kejadian lebih tinggi disitu (usia 09 bulan hingga 15 tahun) dari pada ibu sebelum hamil,” jelasnya.

 

Dia mengatakan jika angka imunisasi MR mencapai 95-100 persen maka kondisi ini aman bagi ibu hamil dari penularan virus MR. “Karena lingkungan sudah aman. Kalau sumber penularan ini dikebalkan maka si wanita hamil tidak akan menular. Sumber penularan bukan si wanita hamil tapi anak-anak itu. Jadi ini yang kita cakup supaya ibu hamil tidak tertularkan,” tandasnya.

 

Indra menjelaskan kembali kandungan imunisasi MR ini adalah virus yang dilemahkan sehingga  vaksin ini tidak bisa diberikan kepada ibu hamil. “Jadi bagusnya  sebelum nikah atau usia subur sebelum hamil. Yang bisa diberikan vaksin bagi ibu hamil vaksin tetanus PP, memang MR tidak direkomendasikan bagi ibu hamil,” terangnya.

 

“Paling tidak berikan MR itu dua kali sebelum ibu hamil. Paling tidak setelah enam bulan disuntik vaksin MR ya bisa diberikan kembali. Insyaallah waktu dia hamil dia kebal terhadap MR,” tukasnya.

 Buku Tamu
  • Kepada Yth Bapak Lurah Sepinggan Baru, agar kiranya dapat memberi penjelasan apa tujuan dan fungsi dari Fasilitas Umum Perumahan Korpri Blok 1 F RT 29 dan RT 28, apakah warga sekitarnya tidak bisa memanfaatkannya. Apakah Fasum2 perumahan itu diperuntukkan masing2 RT sesuai rencana awal diadakannya perumahan Korpri. . didepan rumah saya Fasumnya aneh di Patok sebelah larangan bagi warga bukan RT sebelah menggunakannya. sementara Pembangunan Fasum tersebut juga diambil dari uang APBD Kota Balikpapan bukan dana sumbangan. Kalo memang dilarang menggunakan fasum dan sejenisnya bikin saja Rambu larangan dari pada menanam Patok membahayakan pejalan kaki dan anak-anak. Lahannyapun juga bagian dari Perumahan Korpri., bukankah fasum diurus oleh bagian Pertamanan Kota Kami juga mau menanyakan mekanisme hibah tanah negara milik Pemkot Balikpapan yang tidak untuk kepentingan umum.

  • Assalamualaikum min setelah tes SKB CPNS kpn lagi jdwl utk psikotes krn dipengumuman sebelumnya selain SKB ada psikotesnya. Terimakasih

  • Assalamualaikum min gimana sudah ada info untuk perengkingan SKB tiap instansi. Kira2 kapan ya dari kota lain sdh mengeluarkan kpn dibalikpapan. Terimakasih

  • Mohon info, pengumuman hasil test SKD CPNS kapan? Terima kasih

  • Selamat sore, mohon infonya kapan hasil tes skd cpns 2018 balikpapan ya?di reply ya min... trima kasih

  • Slmt siang min.. Kapan nih pengumuman hasil SKD, knp Balikpapan lama sekali mengumumkan hasil tes. wilayah lain yang terpencil aja sudah mengumumkan hasil tesnya, mohon info secepatnya agar kami mendapat kepastian apakah saya masuk dalam perankingan. Harap2 cemas min....

  • Selamat pagi min mw tanya smpai saat ini blm ada pengumuman mengenai hasil SKD kah? Terima kasih

  • Min, kpn keluar pengumuman hasil tes SKD. Saya malah khawatir ketinggalan info... Knp Balikpapan blm mengumumkan peserta yang lulus SKD, kok lama banget ya...

  • assalamualaikum...mohon info pengumuman SKB CPNS di Balikpapan kapan ya?

  • Sore min, kpn pengumuman dan jadwal SKB CPNS 2018...?? katanya hari ini pengumuman serentak berikut daftar nama peserta yang lulus perankingan dan lulus Passing Grade Thanks min...


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id