main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Selasa, 15 Januari 2019 - 10:56:53

BALIKPAPAN RAIH ADIPURA, PLAKAT ADIPURA DAN PENGHARGAAN ATAS KINERJA PENGURANGAN SAMPAH

BALIKPAPAN RAIH ADIPURA, PLAKAT ADIPURA DAN PENGHARGAAN ATAS KINERJA PENGURANGAN SAMPAH

BALIKPAPAN - Kemarin (9/1) adalah hari yang berkesan bagi Kabupaten/Kota yang dinilai berhasil menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan dengan baik. Begitu pula dengan Balikpapan, meski sering menerima penghargaan Adipura, tetapi tetap merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah kota dan masyarakatnya dan tetap semangat dalam menjaga kebersihan kotanya. Adapun yang menjadi prinsip utama penerapan Adipura berdasarkan informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK) yaitu pelibatan peran aktif masyarakat dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci perubahan perilaku; terpasangnya sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi, serta pemenuhan ruang terbuka hijau sesuai dipersyaratkan peraturan dan undang-undang; menjadi dasar pergeseran paradigma pengelolaan sampah yang harus bergerak ke hulu sehingga upaya-upaya pengurangan sampah menjadi penentu (determinant) yang penting; dan pengklasifikasian kota menurut leveled playing system, artinya kota dan kabupaten akan bersaing dalam level kapasitas sistem pengelolaan sampah dan pemenuhan ruang terbuka hijau yang setara.

Sebagaimana yang tertera dalam Laporan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dengan adanya Program Adipura diharapkan agar seluruh kota di Indonesia sedikitnya dapat mencapai 3 hal:

  1. Sesuai UU No. 18 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah, maka pada tahun 2018 ini, sudah harus dilaksanakan kewajiban Pemerintah Daerah untuk melakukan penutupan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang masih menggunakan sistem pembuangan terbuka (open dumping), serta menggantikan dengan operasikan TPA dengan sistem lahan urug santer (sanitary landfill) atau sekurang-kurangnya sistem lahan urug terkendali (controlled landfill).
  2. Untuk memenuhi target nasional pengelolaan sampah sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2007 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Sehingga, Program Adipura termasuk bagian penting dalam aktualisasi dan kepemimpinan daerah dalam upaya mencapai target pengurangan sampah sebesar 30 Persen dan penanganan sampah 70 Persen pada tahun 2025. Sehingga, pada 2025 seluruh sampah rumah tangga dapat dikelola 100 Persen. Artinya, tidak ada lagi sampah yang dibiarkan begitu saja.
  3. Mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap kabupaten/kota.

Setelah dilakukan penilaian terhadap 369 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 72 Persen dari 514 kabupaten/kota  di Indonesia, maka berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: SK.649/MENLHK/PSLB3/PLB.0/12/2018 Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peraih Penghargaan Adipura Tahun 2018, maka di awal tahun 2019 ini, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)telah memberikan anugerah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan, yang terdiri dari 1 Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan 5 Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 Kabupaten/Kota.

Kemarin, Senin (14/1/2019), Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, menerima langsung Penghargaan Adipura Kategori Kota Besar dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta menerima pula Plakat Adipura Kategori Kota Besar dan Penghargaan Atas Kinerja Pengurangan Sampah Tahun 2018 yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Ketiga perhargaan tersebut di terima di Auditorium Dr. Soedjarwo, Maggala Wanabakti, Jakarta.

Penghargaan Adipura diberikan kepada Kota Balikpapan, karena Balikpapan dianggap mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan yang baik. Sedangkan, Plakat Adipura diberikan kepada Kota Balikpapan, karena Balikpapan mempunyai sarana dan prasarana pengelolaan sampah terbaik yaitu Tempat Pembuangan Akhir Manggar.

Atas diterimanya Ketiga penghargaan tersebut, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengucap syukur, tetapi menurut Beliau, kita memang kembali meraih Adipura, namun tahun ini nilai kita merosot. Tahun sebelumnya kita mendapat Adipura Paripurna dan Adipura Kencana, hanya dua kota yaitu Balikpapan dan Surabaya. Tahun ini Balikpapan sebenarnya kembali dinominasikan bersama Surabaya, namun sayangnya Balikpapan gugur, ungkap beliau.

Beliau menyadari bahwa tahun kemarin memang permasalahan sampah sangat banyak terjadi, juga permasalahan lingkungan. Mulai penumpukan sampah di lokasi-lokasi pemukiman, di bibir pantai, juga di gorong-gorong yang akhirnya menyebabkan penyumbatan aliran air.

Berkaca dari keadaan tahun kemarin, maka menurut Beliau itu akan menjadi motivasi bagi pemerintah kota Balikpapan untuk meningkatkan kembali perhatian juga kesadaran warga kota akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan.

Akhir kata, selaku Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengucapkan terima kasih untuk para petugas kebersihan yang selalu sigap dalam keadaan apapun membersihkan kota ini. Juga pada seluruh warga kota yang bahu membahu menjaga kebersihan kota dan melakukan aksi bersih bersih. Insya Allah tahun depan kita rebut kembali Adipura Kencana. (HumasPro)

 Buku Tamu
  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

  • Selamat siang, mohon maaf sebelumnya, saya calon pemohon beasiswa, sedari kemarin sudah mencoba mendaftar tetapi form pendaftaran malah terulang kembali di bagian pengisian universitas nya, mohon bantuan dan informasinya. Terimakasih

  • Selamat siang min, saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi tapi registrasinya tidak bisa tersimpan, ketika diperiksa data univ hilang, itu kenapa ya? terima kasih

  • Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa stimulan balikpapan dan ketika saya sudah memasuki nama perguruan tinggi tempat saya kuliah, muncul tetapi untuk program studi saya tidak ada malah hanya muncul 1 program studi saja untuk yang D4, bagaimana solusinya? Terimakasih

  • Selamat malam, min mau nanya saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi pendaftaran beasiswa stimulan tapi registrasi kami tidak bisa tersimpan, kenapa ya min? terima kasih min.

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id