main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 06 Februari 2019 - 09:39:10

DP3AKB Balikpapan Bekali Konselor Untuk Cegah Kenakalan Remaja

DP3AKB Balikpapan Bekali Konselor Untuk Cegah Kenakalan Remaja

BALIKPAPAN – Guru Bimbingan Konseling (BK) menghadapi tantangan yang semakin berat. Di era teknologi yang kerap disebut sebagai era ‘zaman now’, persoalan yang dihadapi para remaja semakin kompleks. Karena itu, para konselor dituntut mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Hal ini terungkap dalam kegiatan pembekalan kepada para guru BK / BP jenjang SMP, SMA dan SMK se-Balikpapan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinas P3AKB) Kota Balikpapan.

“Kegiatan ini bertujuan memperkuat peran dan fungsi para konselor dalam kelembagaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja di Satuan Pendidikan,” kata Kepala DP3AKB Kota Balikpapan, Sri Wahyuningsih, Senin (4/2).

Pembekalan bagi konselor ini melibatkan Himpinan Psikolog Indonesia (Himpsi) Wilayah Kaltim Cabang Balikpapan. Selain memberikan gambaran tentang tantangan remaja di era digital, kegiatan ini juga diisi dengan tentang manfaat pembentukan dan pengembangan PIK Remaja di sekolah.

“Serta bagaimana permasalahan psikologi remaja serta guru BK menyikapinya dlm pembinaan di sekolah,” ungkap Sri Wahyuningsih.

Ia berharap setelah kegiatan ini semakin banyak pengurus PIK Remaja di sekolah yang terbantu dengan peran para Guru BK.

“Dan semakin banyak bapak-ibu guru yang mempunyai paradigma dan passion yang sama untuk membantu para remaja generasi digital lebih teredukasi dalam hal-hal keremajaan,” ungkapnya.

Salah satu persoalan yang menjadi kekhawatiran DP3AKB adalah upaya menghindarkan remaja dari seks bebas, pornografi, narkoba, serta kemungkinan pernikahan pada usia anak. Pelatihan ini mendapat respons positif dari para peserta. Sebanyak 50 peserta yang berasal dari guru swasta dan negeri mengakui pembekalan ini memberikan manfaat. (Diskominfo/ editor:mgm)

 Buku Tamu
  • Izin bertanya pembuatan IMB apakh sudah jadi bangunan atau belum, solusi nya selerri apa. Thanks

  • Yth Bapak/Ibu pejabat setempat, Saya mau menanyakan untuk persyaratan dan izin apa saja yg di perlukan untuk membuat perumahan Jokowi Dan saya perlu kemana untuk mengurusnya Terima Kasih

  • Dear admin, ada kesalahan pada nama saya di E-KTP, bagaimana cara saya memperbaiki nya? Saya harus ke kecamatan atau ke Disdukcapil?

  • untuk beasiswa s1 thn 2019 dikaltim apakah sudah dibuka?

  • dear admin, di Dinas mana saya bisa mensterilkan kucing-kucing liar ?? Terima kasih.

  • Saya dandi kurniawan, saya mau buka atm mandiri tapi data saya di capil beda dengan yang di ktp dan kartu keluarga. Di ktp saya alamatnya jln. Jend sudirman, tapi di data capil jln. Mt haryono. Saya di suruh ke capil balikpapan, tapi saya sekarang berada di wajo di suruh verifikasi, tapi saya ngga bisa ke balikpapan saat ini, mugkin ini kecerobohan para pegawai. Tapi mohon data saya tolong di ubah.

  • Yth.Bapak/Ibu Pejabat Terkait mohon maaf sebelumnya. Saran dan Masukan : 1. Sepanjang Jalan mulai dari Sepinggan sampai dengan Jl. Mulawarman banyak jalan yang berlubang dan sangat membahayakan pengendara lalu lintas terutama kendaraan roda dua. , mohon ijin kepada Bapak/Ibu pejabat terkait agar kiranya dapat segera memperbaiki sebagaimana mestinya. terima kasih

  • Assalamu'alaikum wr wb Saya adalah penduduk Indonesia yang sekarang bermukim di Kota Batam, tetapi asal orang tua dan kelahiran saya adalah di Kota Balikpapan. Saya memiliki masalah kehilangan akta kelahiran asli. Saya ingin bertanya mengenai pengurusan akta kelahiran yang hilang tersebut di mana kelahiran saya pada tanggal 25 April 1975. Demikian disampaikan dengan iringan doa dan harapan semoga Dispendukcapil Pemko Balikpapan jaya selalu. Atas perkenan dan bantuannya, dihaturkan ucapan terima kasih. Wassalamu'alaikum wr wb

  • Mohon informasi tentang NIB, apakah saat ini sudah berlaku di Balikpapan? Apakah benar bila sudah NIB ijin lain seperti TDP, SIUP tidak ada lagi?. Terimakasih

  • Dear admin, mohon dikirmkan file gambar umbu2 dan spanduk ke email kami. kalau bisa yang resolusi tinggi ya


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id