main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Kamis, 14 Maret 2019 - 06:48:18

Rakortek Wilayah II di Balikpapan Sinkronkan Perencanaan Pembangunan Pusat dan Daerah

Rakortek Wilayah II di Balikpapan Sinkronkan Perencanaan Pembangunan Pusat dan Daerah

Balikpapan – Untuk menyelaraskan perencanaan pembangunan daerah dan pusat,  Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas bersama Kementerian Dalam Negeri melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perencana Pembangunan Wilayah II (Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua) pada 11-15 Maret 2019 di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rapat koordinasi ini merupakan rangkaian forum perencanaan pembangunan untuk sinkronisasi kebijakan dan program yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP), Rencana Kerja (Renja) Kementerian/Lembaga dan sekaligus Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan tema RKP 2020 adalah “Peningkatan Sumber Daya Manusia  untuk Pertumbuhan Berkualitas” dengan lima prioritas nasional, yaitu pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah ekonomi, industrialisasi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup, dan stabilitas pertahanan dan keamanan. 

Tahun 2020 merupakan transisi dalam perencanaan pembangunan nasional, mengingat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 berakhir pada tahun ini, namun RPJMN 2020-2024 sebagai dasar penyusunan RKP 2020 belum ditetapkan. Maka, dalam hal ini, Kementerian PPN/Bappenas mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 untuk menyiapkan RKP 2020. 

“Dalam merencanakan pembangunan, terdapat dua variabel penyusun pertumbuhan ekonomi yang perlu diperhatikan daerah, yaitu konsumsi dan investasi. Dengan menjaga tingkat inflasi tetap stabil, konsumsi rumah tangga dapat terjaga dengan baik. Laju inflasi bisa dikendalikan dengan menjaga daya beli masyarakat. Untuk investasi, penciptaan lapangan kerja dan nilai tambah pendapatan bagi masyarakat miskin menjadi hal yang sangat penting. Dengan seperti ini, pertumbuhan ekonomi akan menjadi berkualitas serta kemiskinan dan kesenjangan dapat ditekan,” terang Menteri PPN Bambang.

Bambang menegaskan bahwa pada 2020, perekonomian wilayah Kalimantan diharapkan tumbuh sebesar 4,08 persen, angka kemiskinan turun menjadi 4,06 persen dan tingkat pengangguran terbuka turun menjadi 4,49 persen. Prioritas pembangunan wilayah Kalimantan antara lain adalah penguatan konektivitas wilayah, pengembangan industri pengolahan sumber daya alam (hilirisasi) perkebunan dan hasil tambang, serta percepatan pembangunan kawasan perdesaan, tertinggal dan perbatasan. 

Di Kalimantan Timur, tiga sektor terbesar yang berkontribusi terhadap perekonomian adalah migas, industri manufaktur yang berperan dalam industri pengolahan kayu, dan perkayuan secara keseluruhan. Tiga sektor tersebut termasuk hasil sumber daya alam yang harganya fluktuatif dan tidak sesuai prinsip berkelanjutan. Oleh karena itu, Menteri Bambang menginstruksikan daerah untuk jangan bergantung pada sumber daya alam. Kalaupun masih bergantung, daerah harus fokus pada sumber daya alam yang bernilai tambah. 

Senada dengan Gubernur Kalimantan Timur, Sekjen Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo menyampaikan pentingnya sinkronisasi pusat dan daerah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang dapat mengatasi masalah di daerah, mengembangkan potensi daerah dan sekaligus mencapai target pembangunan nasional. Sekjen Kemendagri juga menegaskan pemerintah daerah perlu terus memperbaiki iklim investasi dengan melakukan penyederhanaan peraturan, mengatasi masalah lahan, menyediakan infrastruktur pendukung, dan menyiapkan tenaga kerja terampil dan terlatih.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berharap kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus semakin solid sehingga kebijakan dan program kementerian/lembaga tidak lagi bersifat sektoral, tetapi direncanakan dan dilaksanakan secara terpadu. “Berharap kebijakan dan program kementerian/lembaga betul-betul memperhatikan aspirasi masyarakat di daerah,” ujar Isran Noor. (Diskominfo ; Editor/mt)

 

 Buku Tamu
  • Selamat siang min, saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi tapi registrasinya tidak bisa tersimpan, ketika diperiksa data univ hilang, itu kenapa ya? terima kasih

  • Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa stimulan balikpapan dan ketika saya sudah memasuki nama perguruan tinggi tempat saya kuliah, muncul tetapi untuk program studi saya tidak ada malah hanya muncul 1 program studi saja untuk yang D4, bagaimana solusinya? Terimakasih

  • Selamat malam, min mau nanya saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi pendaftaran beasiswa stimulan tapi registrasi kami tidak bisa tersimpan, kenapa ya min? terima kasih min.

  • Pagi.. Saya mau tanya apakah ada beasiswa untuk pelajar anak2 SD? Kalo ada, apakah persyaratannya?

  • Saya ingin bertanya, berkaitan dengan dibukanya beasiswa stimulan dan kebetulan baru saja kampus saya STMIK Balikpapan, berganti nama menjadi Univ. Mulia. Dan prodi saya yg awalnya Teknik Informatika menjadi Informatika saja, maka data yg saya gunakan yg mana ya pak/bu? Sedangkan KHSnya masih dengan nama dan prodi yg lama? Terimakasih.

  • Mohon maaf mau bertanya, nama universitas mulia di pendaftaran beasiswa stimulan masih "STMIK Balikpapan" tapi di KHS dan data yang lain sudah atas nama Universitas Mulia, apakah tidak ada masalah dengan itu? Terimakasih

  • Assalamualaikum mau nanya apakah program KIA untuk sementara Di stop atau tidak dilanjutkan Mohon informasinya Regard Dahriansyah

  • Saya ingin bertanya, kesalahan dalam mengisi semester di pendaftaran beasiswa apakah bermasalah ya ?

  • apakah kita sudah dapat melakukan pendaftaran beasiswa?

  • apakah pendaftaran beasiswa stimulan udh dibuka?

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id