main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Kamis, 14 Maret 2019 - 10:07:29

Pemkot Balikpapan Akan Gunakan Digital Signature Untuk Pengesahan Dokumen

   Pemkot Balikpapan Akan Gunakan Digital Signature Untuk Pengesahan Dokumen

Balikpapan - Untuk mendukung proses implementasi e-government dan pengamanan informasi pada Pemerintah Kota Balikpapan, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan bersama dengan Balai Sertifikasi Elektronik menerbitkan sertifikat elektronik bagi pejabat eselon II, III, dan IV di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Kegiatan ini berlangsung  selama dua hari yakni 12 dan 13 Maret di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli mengatakan bahwa dengan penerbitan sertifikat elektronik bagi pejabat struktural eselon II, III, dan IV nantinya akan digunakan pada sistem tata naskah elektronik (e-office), sistem perizinan (SiCantik), sistem pelayanan kelurahan (SIMYANKEL), sistem administrasi kependudukan (SIAK) dan produk hukum Pemerintah Kota Balikpapan.

Menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Diskominfo Balikpapan Irfan Taufik, Sertifikat elektronik merupakan salah satu cara memberikan jaminan keamanan transaksi elektronik dalam mendukung tata pemerintah yang dilaksanakan secara elektronik karena memberikan jaminan autentik data, menjamin keutuhan data, serta anti penyangkalan.

“Secara sederhana sertifikat elektronik itu memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang ada di dalam transaksi elektronik  yang dikeluarkan oleh penyelenggara sertifikat elektronik dalam hal ini Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber Sandi Negara,” jelas Irfan Taufik.

Menurutnya sertifikat elektronik masing-masing pejabat akan dilindungi oleh passphrase atau  semacam kata sandi yang akan diinput oleh masing-masing pejabat sebelum menandatangani suatu dokumen. “Passphrase tersebut harus dijaga, tidak boleh dipindahtangankan dan tidak boleh diketahui oleh pihak lain, karena jika terjadi permasalahan hukum akibat penggunaan sertifikat elektronik pada suatu dokumen maka menjadi tanggung jawab masing-masing pejabat yang bertanda tangan pada dokumen tersebut,” jelas Irfan Taufik.

Selama dua hari penyelenggaraan kegiatan penerbitan sertifikat elektronik tersebut, Pemkot Balikpapan menargetkan 415 orang pejabat struktural, dan menurut Irfan Taufik dalam waktu dua hari tersebut sudah  380 orang pejabat struktural Pemkot Balikpapan  yang telah memiliki sertifikat elektronik.

Pemanfaatan sertifikat elektronik tersebut telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik yang menyebutkan setiap penyelenggaraan transaksi elektronik dalam lingkup publik atau privat yang menggunakan sistem elektronik untuk kepentingan pelayanan publik wajib menggunakan sertifikat keandalan dan/atau sertifikat elektronik. (Diskominfo / mt)

 

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id