main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Kamis, 14 Maret 2019 - 10:35:16

Pengesahan Dokumen Bisa di Mana Saja, Pemkot Gunakan e-Office

Pengesahan Dokumen  Bisa di Mana Saja, Pemkot Gunakan e-Office

Balikpapan - Dua bulan lamanya Pemerintah Kota Balikpapan terapkan e-office dalam menunjang kinerja pemerintah kota. Tahap awal aplikasi e-office digunakan oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan. Saat ini ratusan pejabat eselon II, III, dan IV dalam tahapan mengunakan aplikasi tersebut.

"Hari ini kita mengundang semua eselon II dan III untuk penerbitan sertifikat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik. Besok eselon IV dengan target kita 400 orang mulai dari kepala Perangkat Daerah, sekretaris, hingga Kepala UPT dan Kepala Seksi  juga," ujar Kepala Bidang  e-Goverment Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan, Adamin Siregar di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan pada Selasa (12/03/2019).

Menurut Adamin, sebelum  menerapkan tanda tangan digital  terlebih dahulu dilakukan perbaikan konsep, koordinasi pemberian nomor dan tanggal. Terakhir penandatanganan surat elektronik yang sudah tersertifikasi oleh Balai Sertifikat Elektronik Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

"Dengan adanya tanda tangan elektronik ini selain mempermudah dan mempercepat juga lebih efisiensi. Karena mudah di mana pun selagi masih ada konektivitas internet bisa melakukan tanda tangan digital," ujarnya Adamin antusias.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Sudirman DJaya Leksana, menyambut baik kebijakan pemerintah kota dalam menerapkan e-office. Ia berujar ada hal-hal positif yang bisa diambil melalui kebijakan ini.

"Kami di Dishub ini seluruh eselon II dan III mulai dari  kadis, sekretaris dan kabid telah memiliki sertifikat elektronik yang memuat tanda tangan digital. Dengan adanya ini ada hal positif yang bisa didapat dari sisi manfaat," Kata Sudirman.

Sudirman mengatakan dengan aplikasi e-office tentunya memudahkan penandatanganan dokumen tidak mesti ada di kantor. Dimana pun pejabat tersebut saat di luar daerah, sementara itu ada yang perlu di tandatangan, hanya dengan meng "klik", maka sudah dinyatakan sah,” ujarnya.

"Jadi ini seperti tanda tangan biasa tetapi dengan menggunakan tanda tangan digital kita juga bisa ada pengurangan penggunaan kertas," ujar Sudirman Djayaleksana. (Diskominfo / editor : mt)

 

 Buku Tamu
  • Selamat siang min, saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi tapi registrasinya tidak bisa tersimpan, ketika diperiksa data univ hilang, itu kenapa ya? terima kasih

  • Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa stimulan balikpapan dan ketika saya sudah memasuki nama perguruan tinggi tempat saya kuliah, muncul tetapi untuk program studi saya tidak ada malah hanya muncul 1 program studi saja untuk yang D4, bagaimana solusinya? Terimakasih

  • Selamat malam, min mau nanya saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi pendaftaran beasiswa stimulan tapi registrasi kami tidak bisa tersimpan, kenapa ya min? terima kasih min.

  • Pagi.. Saya mau tanya apakah ada beasiswa untuk pelajar anak2 SD? Kalo ada, apakah persyaratannya?

  • Saya ingin bertanya, berkaitan dengan dibukanya beasiswa stimulan dan kebetulan baru saja kampus saya STMIK Balikpapan, berganti nama menjadi Univ. Mulia. Dan prodi saya yg awalnya Teknik Informatika menjadi Informatika saja, maka data yg saya gunakan yg mana ya pak/bu? Sedangkan KHSnya masih dengan nama dan prodi yg lama? Terimakasih.

  • Mohon maaf mau bertanya, nama universitas mulia di pendaftaran beasiswa stimulan masih "STMIK Balikpapan" tapi di KHS dan data yang lain sudah atas nama Universitas Mulia, apakah tidak ada masalah dengan itu? Terimakasih

  • Assalamualaikum mau nanya apakah program KIA untuk sementara Di stop atau tidak dilanjutkan Mohon informasinya Regard Dahriansyah

  • Saya ingin bertanya, kesalahan dalam mengisi semester di pendaftaran beasiswa apakah bermasalah ya ?

  • apakah kita sudah dapat melakukan pendaftaran beasiswa?

  • apakah pendaftaran beasiswa stimulan udh dibuka?

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id