main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Kamis, 14 Maret 2019 - 10:35:16

Pengesahan Dokumen Bisa di Mana Saja, Pemkot Gunakan e-Office

Pengesahan Dokumen  Bisa di Mana Saja, Pemkot Gunakan e-Office

Balikpapan - Dua bulan lamanya Pemerintah Kota Balikpapan terapkan e-office dalam menunjang kinerja pemerintah kota. Tahap awal aplikasi e-office digunakan oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan. Saat ini ratusan pejabat eselon II, III, dan IV dalam tahapan mengunakan aplikasi tersebut.

"Hari ini kita mengundang semua eselon II dan III untuk penerbitan sertifikat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik. Besok eselon IV dengan target kita 400 orang mulai dari kepala Perangkat Daerah, sekretaris, hingga Kepala UPT dan Kepala Seksi  juga," ujar Kepala Bidang  e-Goverment Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan, Adamin Siregar di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan pada Selasa (12/03/2019).

Menurut Adamin, sebelum  menerapkan tanda tangan digital  terlebih dahulu dilakukan perbaikan konsep, koordinasi pemberian nomor dan tanggal. Terakhir penandatanganan surat elektronik yang sudah tersertifikasi oleh Balai Sertifikat Elektronik Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

"Dengan adanya tanda tangan elektronik ini selain mempermudah dan mempercepat juga lebih efisiensi. Karena mudah di mana pun selagi masih ada konektivitas internet bisa melakukan tanda tangan digital," ujarnya Adamin antusias.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Sudirman DJaya Leksana, menyambut baik kebijakan pemerintah kota dalam menerapkan e-office. Ia berujar ada hal-hal positif yang bisa diambil melalui kebijakan ini.

"Kami di Dishub ini seluruh eselon II dan III mulai dari  kadis, sekretaris dan kabid telah memiliki sertifikat elektronik yang memuat tanda tangan digital. Dengan adanya ini ada hal positif yang bisa didapat dari sisi manfaat," Kata Sudirman.

Sudirman mengatakan dengan aplikasi e-office tentunya memudahkan penandatanganan dokumen tidak mesti ada di kantor. Dimana pun pejabat tersebut saat di luar daerah, sementara itu ada yang perlu di tandatangan, hanya dengan meng "klik", maka sudah dinyatakan sah,” ujarnya.

"Jadi ini seperti tanda tangan biasa tetapi dengan menggunakan tanda tangan digital kita juga bisa ada pengurangan penggunaan kertas," ujar Sudirman Djayaleksana. (Diskominfo / editor : mt)

 

 Buku Tamu
  • untuk beasiswa s1 thn 2019 dikaltim apakah sudah dibuka?

  • dear admin, di Dinas mana saya bisa mensterilkan kucing-kucing liar ?? Terima kasih.

  • Saya dandi kurniawan, saya mau buka atm mandiri tapi data saya di capil beda dengan yang di ktp dan kartu keluarga. Di ktp saya alamatnya jln. Jend sudirman, tapi di data capil jln. Mt haryono. Saya di suruh ke capil balikpapan, tapi saya sekarang berada di wajo di suruh verifikasi, tapi saya ngga bisa ke balikpapan saat ini, mugkin ini kecerobohan para pegawai. Tapi mohon data saya tolong di ubah.

  • Yth.Bapak/Ibu Pejabat Terkait mohon maaf sebelumnya. Saran dan Masukan : 1. Sepanjang Jalan mulai dari Sepinggan sampai dengan Jl. Mulawarman banyak jalan yang berlubang dan sangat membahayakan pengendara lalu lintas terutama kendaraan roda dua. , mohon ijin kepada Bapak/Ibu pejabat terkait agar kiranya dapat segera memperbaiki sebagaimana mestinya. terima kasih

  • Assalamu'alaikum wr wb Saya adalah penduduk Indonesia yang sekarang bermukim di Kota Batam, tetapi asal orang tua dan kelahiran saya adalah di Kota Balikpapan. Saya memiliki masalah kehilangan akta kelahiran asli. Saya ingin bertanya mengenai pengurusan akta kelahiran yang hilang tersebut di mana kelahiran saya pada tanggal 25 April 1975. Demikian disampaikan dengan iringan doa dan harapan semoga Dispendukcapil Pemko Balikpapan jaya selalu. Atas perkenan dan bantuannya, dihaturkan ucapan terima kasih. Wassalamu'alaikum wr wb

  • Mohon informasi tentang NIB, apakah saat ini sudah berlaku di Balikpapan? Apakah benar bila sudah NIB ijin lain seperti TDP, SIUP tidak ada lagi?. Terimakasih

  • Dear admin, mohon dikirmkan file gambar umbu2 dan spanduk ke email kami. kalau bisa yang resolusi tinggi ya

  • Mohon segera dikirim file besar spanduk & umbul2 HUT kota Balikpapan, Corel, JPG atau PNG . makasih

  • Dear admin, mohon bantu link format spanduk hut balikpapan ke-122 dengan resolusi high,, mohon diinfokan ke ekymaulana@gmail.com / itoffblp@unitedtractors.com (082148957667) terima kasih

  • Mohon dikirim file contoh spanduk HUT BPN ke 22 ke email saya .terima kasih


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id