main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Jumat, 15 Maret 2019 - 10:23:01

Wali Kota Akan Undang Pertamina Terkait Pencegahan dan Peralatan Deteksi Kebocoran Pipa

Wali Kota Akan Undang Pertamina Terkait Pencegahan dan Peralatan Deteksi Kebocoran Pipa

Balikpapan- Pemerintah Kota Balikpapan berharap kasus pencemaran minyak akibat kecelakaan yang disebabkan kapal Ever Judger di Teluk Balikpapan pada 31 Maret 2018 lalu menjadi pelajaran berharga. Baik untuk penanggulangan maupun pola-pola koordinasi pencegahan kasus tumpahan yang disertai kebakaran di tengah laut.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan hasil investigasi yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)  atas kecelakaan pencemaran minyak ini menjadi pencerahan dan evaluasi bagi semua pihak. “Tumpahan minyak banyak dampak besar sekali bukan hanya Balikpapan tapi juga nasional dan Internasional. Jangan sampai terulang lagi. Kasus ini juga berikan banyak hal pembelajaran untuk koordinasi di antara pemerintah pusat, daerah, dan antar instansi terkait,”jelas Rizal Effendi saat mendampingi Ketua KNKT merilis hasil investigasi kasus yang menelan korban meninggal 5 orang, di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan pada Kamis (14/3).

Menurut Wali Kota Rizal Effendi, di Teluk Balikpapan banyak instansi yang terlibat dalam kordinasi, termasuk Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Kertanegara , Balikpapan, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Pihaknya juga meminta kepada Kemenko Maritim agar kordinasi  lebih baik karena ini juga banyak menyangkut lintas kementerian. “Supaya ada kejadian bisa lebih efektif penanganannya,” jelasnya.

Di sisi lain menurut Rizal Effendi,  bagi perusahaan sekelas Pertamina juga diberikan rekomendasi seperti pembuat alat deteksi kebocoran jaringan pipa minyak .

“Nanti kita akan undang lagi Pertamina harus memaparkan lebih detail ke pemda terkait pencegahan dan fasilitas pipa yang ada di laut atau daratan supaya kita tahu,” katanya. Dalam penjelasan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono hasi laporan final investigasi kerusakan pipa dan polusi minyak mentah salah satunya adanya kegagalan kerjasama dan komunikasi di internal kapal Ever Judger.

Pemandu kapal meminta agar nakoda menurunkan jangkar 1 meter diatas permukaan air namun diturunkan 27 meter atau 1 segel yang akhirnya mengenai dan merusak pipa pertamina saat terjadi cuaca buruk pada dinihari 31 Maret 2018. “Pada kecelakaan ini kami menyimpulkan terjadinya tumpahan minyak di teluk Balikpapan karena penerapan Bridge Resource Management (BRM) di atas kapal Ever Judger disertai penanganan keadaan darurat yang tidak tepat,” katanya.

Kejadian ini juga didukung faktor kontribusi antara lain komunikasi diantara awak kapal dan pandu tidak dalam satu bahasa yang sama, ada tidak prosedur spesifik tentang pelayanan pemanduan terkait pertukaran informasi sebagaimana diatur IMO A 960. Ketua KNKT menilai ada kegagalan dari suatu kerjasama di dalam awak kapal Ever Judger. Pihaknya telah mengecek peta elektronik ternyata memang sudah seseuai data terakhir soal keberadan pipa dan data buih dilarang buang jangkar.

“Masalah nakoda tidak mengerti situasi itu juga yang tadi disebutkan dalam Bridge Resource Management (BRM)  tadi. Jadi kalau ada awak kapal yang mengerti situasi harusnya menyampaikan kepada nakoda.jadi saling mengoreksi. Jadi ketidakmengertian nakoda jadi salah satu masalah bridge resource management,” tukasnya. (Diskominfo / Editor : mt)

 

 Buku Tamu
  • untuk beasiswa s1 thn 2019 dikaltim apakah sudah dibuka?

  • dear admin, di Dinas mana saya bisa mensterilkan kucing-kucing liar ?? Terima kasih.

  • Saya dandi kurniawan, saya mau buka atm mandiri tapi data saya di capil beda dengan yang di ktp dan kartu keluarga. Di ktp saya alamatnya jln. Jend sudirman, tapi di data capil jln. Mt haryono. Saya di suruh ke capil balikpapan, tapi saya sekarang berada di wajo di suruh verifikasi, tapi saya ngga bisa ke balikpapan saat ini, mugkin ini kecerobohan para pegawai. Tapi mohon data saya tolong di ubah.

  • Yth.Bapak/Ibu Pejabat Terkait mohon maaf sebelumnya. Saran dan Masukan : 1. Sepanjang Jalan mulai dari Sepinggan sampai dengan Jl. Mulawarman banyak jalan yang berlubang dan sangat membahayakan pengendara lalu lintas terutama kendaraan roda dua. , mohon ijin kepada Bapak/Ibu pejabat terkait agar kiranya dapat segera memperbaiki sebagaimana mestinya. terima kasih

  • Assalamu'alaikum wr wb Saya adalah penduduk Indonesia yang sekarang bermukim di Kota Batam, tetapi asal orang tua dan kelahiran saya adalah di Kota Balikpapan. Saya memiliki masalah kehilangan akta kelahiran asli. Saya ingin bertanya mengenai pengurusan akta kelahiran yang hilang tersebut di mana kelahiran saya pada tanggal 25 April 1975. Demikian disampaikan dengan iringan doa dan harapan semoga Dispendukcapil Pemko Balikpapan jaya selalu. Atas perkenan dan bantuannya, dihaturkan ucapan terima kasih. Wassalamu'alaikum wr wb

  • Mohon informasi tentang NIB, apakah saat ini sudah berlaku di Balikpapan? Apakah benar bila sudah NIB ijin lain seperti TDP, SIUP tidak ada lagi?. Terimakasih

  • Dear admin, mohon dikirmkan file gambar umbu2 dan spanduk ke email kami. kalau bisa yang resolusi tinggi ya

  • Mohon segera dikirim file besar spanduk & umbul2 HUT kota Balikpapan, Corel, JPG atau PNG . makasih

  • Dear admin, mohon bantu link format spanduk hut balikpapan ke-122 dengan resolusi high,, mohon diinfokan ke ekymaulana@gmail.com / itoffblp@unitedtractors.com (082148957667) terima kasih

  • Mohon dikirim file contoh spanduk HUT BPN ke 22 ke email saya .terima kasih


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id