main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Selasa, 09 April 2019 - 09:34:57

Pemkot Balikpapan Gelar Uji Emisi Targetkan 2.500 Kendaraan Roda Empat

Pemkot Balikpapan Gelar  Uji Emisi  Targetkan 2.500 Kendaraan Roda Empat

Balikpapan - Kementerian Lingkungan Hidup melalui Program Langit Biru, sebagai salah satu instrumen pengukuran kinerja lingkungan untuk kualitas udara dan merupakan bagian dari penilaian Adipura, melaksanakan Kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP), yang bersifat wajib (Mandatory) dan dilaksanakan secara mandiri oleh 47 kota yang terbagi dalam Kota Besar, Sedang Kecil dan Ibukota Provinsi di Indonesia, Kegiatan ini terdiri dari  kegiatan Fisik (pengujian emisi kendaraan bermotor, pengukuran kualitas udara jalan raya, pengukuran kinerja lalu lintas perkotaan dan transportasi berkelanjutan) serta Non Fisik (Institusi, anggaran, kegiatan  mereduksi tingkat pencemaran udara dan peran aktif masyarakat dalam pengendalian pencemaran udara. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, hasil penilaian EKUP oleh KLHK pada tahun 2018, Pemerintah Kota Balikpapan sebagai kota dengan kategori besar, mendapatkan hasil terbaik dengan skor 83 dari 45 kota peserta EKUP. "Salah satu kegiatan fisik untuk pengendalian kualitas udara ambien di jalan raya adalah dengan mengendalikan emisi gas buang dari kendaraan bermotor," kata Suryabto.

Untuk itu sebagai langkah persiapan dan antisipasi, sosialisasi, dan ketaatan terhadap Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama serta dalam upaya menurunkan pencemaran udara dari sektor transportasi melalui promosi dan penerapan kebijakan transportasi berkelanjutan di daerah perkotaan guna terwujudnya kualitas udara bersih di Perkotaan, maka Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Uji Petik (Spot Check) Emisi Kendaraan Bermotor.

Kegiatan uji emisi pada tahun 2019 dilaksanakan satu kali melalui APBD Kota Balikpapan  dan didukung oleh CSR dari beberapa perusahaan di Kota Balikpapan. Lingkup kegiatan dalam EKUP ini antara lain meliputi uji emisi kendaraan bermotor selama tiga hari. 

Melalui kegiatan ini diharapkan memiliki informasi tingkat kelulusan emisi kendaraan bahan bakar bensin dan solar dari kendaraan bermotor (spot check). Untuk kota besar pada program Langit Biru target kendaraan terjaring/teruji minimal adalah 2.500 kendaraan, sehingga target minimal 850 kendaraan roda empat pribadi/dinas/operasional per hari per lokasi.  Kegiatan uji dilaksanakan secara gratis, dan bukan merupakan razia oleh kepolisian serta hasil uji emisi akan diberikan langsung.

Adapun Pelaksanaan Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor (Spot Check) akan dilaksanakan tanggal 9 – 11 April 2019  di lokasi :

Selasa,  9 April 2019  Hari I – halaman parkir Halaman Parkir Asrama Haji Embarkasi Balikpapan – Jl. Mulawarman 

Rabu, 10 April 2019 – Hari II – halaman parkir Kantor Telkom Divre VI Jl. MT. Haryono.

Kamis, 11 April 2019 - Hari III – halaman parkir Depot LPG Pertamina – Jl. Yos Sudarso.

Kegiatan ini dilaksanakan dari jam 08.00 – 16.00 Wita.

Melalui kegiatan ini pemilik kendaraan akan mengetahui kondisi emisi gas buang kendaraan yang dihasilkan berkaitan dengan Baku Mutu yang ditetapkan sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 dan agar pengguna kendaraan untuk lebih peduli pada kualitas udara dengan cara melakukan perawatan rutin kendaraanya dan juga mengunakan bahan bakar  khususnya kualitas baik. "Emisi kendaraan bermotor juga untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang lebih sadar lingkungan dan mewujudkan kualitas udara yang sehat," kata Suryanto.

Pelaksanaan uji petik emisi kendaraan bermotor ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan bekerjasama dengan Satlantas Polresta Balikpapan, Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, PT. Pertamina MOR VI, beberapa dealer kendaraan roda empat serta perguruan tinggi yaitu Politeknik Negeri Balikpapan. (Diskominfo / editor : mt)

 

 

 Buku Tamu
  • Izin bertanya pembuatan IMB apakh sudah jadi bangunan atau belum, solusi nya selerri apa. Thanks

  • Yth Bapak/Ibu pejabat setempat, Saya mau menanyakan untuk persyaratan dan izin apa saja yg di perlukan untuk membuat perumahan Jokowi Dan saya perlu kemana untuk mengurusnya Terima Kasih

  • Dear admin, ada kesalahan pada nama saya di E-KTP, bagaimana cara saya memperbaiki nya? Saya harus ke kecamatan atau ke Disdukcapil?

  • untuk beasiswa s1 thn 2019 dikaltim apakah sudah dibuka?

  • dear admin, di Dinas mana saya bisa mensterilkan kucing-kucing liar ?? Terima kasih.

  • Saya dandi kurniawan, saya mau buka atm mandiri tapi data saya di capil beda dengan yang di ktp dan kartu keluarga. Di ktp saya alamatnya jln. Jend sudirman, tapi di data capil jln. Mt haryono. Saya di suruh ke capil balikpapan, tapi saya sekarang berada di wajo di suruh verifikasi, tapi saya ngga bisa ke balikpapan saat ini, mugkin ini kecerobohan para pegawai. Tapi mohon data saya tolong di ubah.

  • Yth.Bapak/Ibu Pejabat Terkait mohon maaf sebelumnya. Saran dan Masukan : 1. Sepanjang Jalan mulai dari Sepinggan sampai dengan Jl. Mulawarman banyak jalan yang berlubang dan sangat membahayakan pengendara lalu lintas terutama kendaraan roda dua. , mohon ijin kepada Bapak/Ibu pejabat terkait agar kiranya dapat segera memperbaiki sebagaimana mestinya. terima kasih

  • Assalamu'alaikum wr wb Saya adalah penduduk Indonesia yang sekarang bermukim di Kota Batam, tetapi asal orang tua dan kelahiran saya adalah di Kota Balikpapan. Saya memiliki masalah kehilangan akta kelahiran asli. Saya ingin bertanya mengenai pengurusan akta kelahiran yang hilang tersebut di mana kelahiran saya pada tanggal 25 April 1975. Demikian disampaikan dengan iringan doa dan harapan semoga Dispendukcapil Pemko Balikpapan jaya selalu. Atas perkenan dan bantuannya, dihaturkan ucapan terima kasih. Wassalamu'alaikum wr wb

  • Mohon informasi tentang NIB, apakah saat ini sudah berlaku di Balikpapan? Apakah benar bila sudah NIB ijin lain seperti TDP, SIUP tidak ada lagi?. Terimakasih

  • Dear admin, mohon dikirmkan file gambar umbu2 dan spanduk ke email kami. kalau bisa yang resolusi tinggi ya


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id