main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Jumat, 05 Juli 2019 - 06:39:55

Sistem Zonasi, Alamat KK Terbit Minimal Enam Bulan

Balikpapan - Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Balikpapan diwarnai sejumlah keluhan dari orangtua murid. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin, mengungkapkan laporan terbanyak yang ia terima adalah penerapan sistem zonasi. Orangtua protes ketika sang anak ditolak mendaftar pada sekolah dekat mereka menetap. Ternyata Kartu Keluarga (KK), yang menjadi penyebab tertolaknya calon siswa tersebut tidak tertampung di sekolah tempat mereka mendaftar. 

“Masih ada yang belum paham mengenai zonasi ini. Hari ini banyak laporan KK belum enam bulan. Masyarakat ini misalnya dari Kampung Baru pindah domisili ke Manggar tetapi mereka tidak perbaiki KK. Saat anaknya mendaftar di Manggar tidak bisa karena masih KK Kampung Baru,” kata Muhaimin pada  Senin (1/7).

Muhaimin menjelaskan, ketentuan sistem zonasi adalah minimal KK terbit enam bulan. Selanjutnya orangtua tinggal memonitor ranking berdasarkan usia si anak dan kuota penerimaan dari sekolah tersebut. Peraturan zonasi cukup ketat, sesuai ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diperkuat dengan Peraturan Walikota. “Ada orangtua bilang bagaimana kalau kami tinggal di Manggar sekolah di Kampung Baru?. Saya bilang tidak bisa karena sudah ketentuan Kemendikbud dan Perwali. Saya bilang sekolah di Kampung Baru dulu. Nanti kalau KK sudah enam bulan, pas semester satu atau naik kelas dua pindah ke Manggar,” ujar Muhaimin menjelaskan. 

Muhaimin menjelaskan tahun ini tidak ada lagi istilah penerimaan jalur regular. PPDB 2019 terdapat sembilan kategori penerimaan yaitu Sistem Zonasi (Sebelumnya Bina Lingkungan), Jalur Prestasi dan Jalur Pindahan. “Sistem Zonasi 90 persen, Jalur Prestasi lima persen dan Jalur Pindahan lima persen,” kata Muhaimin menyebutkan.

Selain KK sebagai syarat utama zonasi, Disdik juga terus perketat mengenai batasan usia murid baru Sekolah Dasar (SD). 

Muhaimin mengatakan, syarat mutlak mendaftar SD adalah berusia enam tahun maksimal satu Juli 2019. Peraturan ini berlaku untuk sekolah negeri dan sekolah swasta.

Muhaimin menegaskan akan ada sanksi bagi sekolah yang melanggar ketentuan batas usia tersebut. Sebab aturan ini dibuat berdasarkan rapat dan keputusan seluruh pihak terkait, yang mana usia tumbuh kembang anak masuk SD adalah enam tahun. “Sekolah yang menampung murid usia di bawah enam tahun ada tiga sanksi yang kami berikan. yakni Dana BOS nya ditunda, tunjangan sertifikasi ditunda, dan akreditasi sekolah diturunkan,” tegas Muhaimin. (Diskominfo / Editor : mt)

 

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id