main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Jumat, 05 Juli 2019 - 06:55:37

DKK Gandeng IDI Balikpapan Tangani Stunting

Balikpapan –  Demi menekan angka stunting di Kota Balikpapan, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan  melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  Balikpapan menjadi orang tua asuh.  Tercatat,  akhir bulan Juni 2019, sebanyak 111 anak akan ditangani langsung oleh para dokter. "Para dokter tidak bermaksud mengambil fungsi ahli orang tua. Kami hanya membantu perawatan gizi, dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari Kementerian Kesehatan,” ungkap Kepala DKK Balikpapan  dr. Andi Sri Juliarti pada Selasa (2/7).

Dr. Andi Sri Juliarti menjelaskan pemerintah akan membantu dalam asupan  gizi dan pengawasan. Menurutnya, ada sebuah kasus dimana asupan makanan sudah baik tapi berat badan anak belum naik. "Ternyata ada penyakit lain. Sehingga ketika memiliki orang tua asuh dokter bisa cepat ditangani penyakitnya," tandasnya.
Ia juga menerangkan agar orangtua harus lebih waspada ketika anak mengalami batuk pilek terus menerus, atau penyakit lainnya. Sebab hal ini juga menyebabkan anak tersebut mengalami stunting. 

Upaya lain yang dilakukan DKK Balikpapan adalah mengusulkan pemberian penambah darah kepada para remaja putri.  Hal tersebut untuk mencegah anemia. “Anemia yang berkelanjutan dan menjadi kronis diketahui bisa berakibat stunting pada saat mereka memiliki keturunan,” ujarnya. 

Terkait data stunting, Kepala DKK menyebutkan sampai pertengahan tahun ini tercatat 1.889 anak yang tumbuh tidak sesuai dengan umurnya. Bahkan di Balikpapan, stunting banyak dialami anak-anak mulai usia 0-59 bulan. 

Ada 12.389 bayi berusia 0-23 bulan. Dari jumlah itu sebanyak 714 bayi dinyatakan stunting. Penderita stunting terbanyak berusia 24-59 bulan dengan jumlah yakni 1.175 bayi. Sedangkan pada bayi usia 24-59 bulan berjumlah 21.729 dengan penderita stunting sebanyak 1.175 anak. “Jadi total anak berusia 0-59 bulan sebanyak 34.127 orang, dan total anak yang mengalami stunting 1.889 anak.  Kalau dilihat angkanya memang besar, tetapi jumlah itu mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu” jelas  Andi Sri Juliarti.

DKK juga masih memiliki catatan penderita stunting pada 2011 lalu. Pada tahun itu anak usia sekolah yang terpapar stunting mencapai 3.000 orang.

Diketahui, pemerintah pusat memiliki baseline data 2017 angka stunting secara nasional mencapai 37 persen, dan pada 2018 ini sudah turun menjadi 30 persen.

Dengan pola integrasi konvergensi bisa menurunkan angka stunting lebih cepat lagi. Angka progresif minimal lima tahun kedepan bisa didapatkan. (Diskominfo / editor : mt)

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id