main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Senin, 08 Juli 2019 - 08:06:12

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkot Gelar Lintas Alam di Kebun Raya Balikpapan

Balikpapan - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019, Pemerintah Kota Balikpapan mengajak semua pihak untuk lebih peduli lingkungan. Bahkan sebagai bentuk kecintaan lingkungan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan lembaga swasta  menggelar sepeda Lintas Alam dan menanam  pohon di Kebun Raya Balikpapan km 15, Balikpapan Utara, Minggu pagi (7/7).

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan membangun peradaban baru di masyarakat bahwa menjaga lingkungan itu penting. Apalagi dikaitkan dengan tema  hari lingkungan hidup " udara bersih udara sehat ".

"Sekarang ini hampir 7 juta orang setiap tahun mati karena udara kotor. Ada 800 orang tiap jam karena terpapar udara beracun sehingga harus dibangun peradaban baru, kepribadian dan perilaku baru bagaimana bisa mengurangi pemakaian bahan yang membuat udara jadi kotor, mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor kemudian rajin menanamkan pohon dan sebagainya, " ungkap Wali Kota Rizal Effendi. 

Di samping itu, pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup 2019 di Kebun Raya Balikpapan ini,  Pemkot Balikpapan bersama PLN dan  akademisi membuat inovasi baru di Kebun Raya Balikpapan yakni MoU dengan PT. PLN dan Universitas Airlangga. "Kita apresiasi keterlibatan swasta seperti PLN mau membangun taman tematik di Kebun Raya Balikpapan dan juga   Universitas Airlangga terlibat dalam penelitian di KRB, " tutur wali kota.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan tingginya antusias masyarakat dan lembaga yang ikut dalam  lintas alam di area KRB pada hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, mendorong kegiatan serupa pada tahun depan. Bahkan pelaksanaan dilakukan untuk tingkat provinsi atau nasional. “Lomba Lintas Alam banyak pesertanya, tadi pak wali kota bilang tahun depan  bisa dinaikan menjadi tingkat nasional. Jadi seluruh provinsi bisa ikut untuk mengeksplor hutan Kalimantan khususnya Hutan Lindung Sungai Wain,” kata Suryanto.

Pada lintas alam ini dilakukan dengan bersepeda. Peserta mengelilingi KRB atau Jogging track  beton mulai dari camp ground, lamin, gedung informasi, gazebo 5, hingga area even atau sepanjang kurang lebih 3 kilometer.

Sesuai tema Hari Lingkungan Hidup 2019 yaitu Gerakan #beatAirPollution, pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga polusi, dengan cara menanam tanaman yang bisa mengurangi udara buruk selama ini. “Jadi mari kita kalahkan polusi udara dengan cara menanam pohon. Biru Langitku, Hijau Bumiku. Hal yang sangat penting bumi kita tetap hijau. Harus menanam sekaligus menjaga kualitas udara kita,” seru Suryanto. 

Di area KRB juga dilakukan penanaman pohon sebanyak 120 pohon buah dan 20 bambu. Penanaman dilakukan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Kapolres Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Syarifudin Oddang, Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan beserta Kepala perangkat daerah  Pemkot Balikpapan dan tamu undangan. “Kita tanam 120 pohon dan 20 bambu. Memang tidak banyak tapi kita melihat kualitas tanaman ini agar lebih baik, karena jika menanam dilihat usianya dan kecocokannya karena jika mati harus diganti. Kita tanam jenis Bengkirai dan Bambu serta kayu hutan,” jelas Suryanto. (Diskominfo / editor : mt)

 

 Buku Tamu
  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

  • Selamat siang, mohon maaf sebelumnya, saya calon pemohon beasiswa, sedari kemarin sudah mencoba mendaftar tetapi form pendaftaran malah terulang kembali di bagian pengisian universitas nya, mohon bantuan dan informasinya. Terimakasih

  • Selamat siang min, saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi tapi registrasinya tidak bisa tersimpan, ketika diperiksa data univ hilang, itu kenapa ya? terima kasih

  • Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa stimulan balikpapan dan ketika saya sudah memasuki nama perguruan tinggi tempat saya kuliah, muncul tetapi untuk program studi saya tidak ada malah hanya muncul 1 program studi saja untuk yang D4, bagaimana solusinya? Terimakasih

  • Selamat malam, min mau nanya saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi pendaftaran beasiswa stimulan tapi registrasi kami tidak bisa tersimpan, kenapa ya min? terima kasih min.

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id