main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:04:11

Jargas Diwacanakan Masuk Balikpapan Utara di Tahun 2020

BALIKPAPAN —Balikpapan terdata dalam 54 kabupaten kota di Indonesia yang kebagian pemasangan Jaringan Gas (Jargas) dari Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di tahun 2020.

Mengenai persiapan dan besaran kuota Sambungan Rumah (SR) masing-masing kabupaten kota masih dalam pembahasan yang ditargetkan selesai dibahas selambat-lambatnya pada Oktober 2019.

“Saya beberapa hari yang lalu dari Jakarta pertemuan dengan ESDM membahas tentang Jargas dan hari ini dari ESDM datang untuk melihat data pemakaian jargas yang sudah berjalan. Planningnya Oktober sudah pemetaan, kemudian dijadwalkan untuk MoU serentak,” kata Panti Suhartono Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Balikpapan (08/08/2019).

Secara nasional Kementrian ESDM target 290.000 SR dari 54 Kabupaten Kota pilihan. Panti Sendiri mengaku belum mendapat bocoran berapa kuota yang diterima untuk Balikpapan. Namun berdasarkan informasi dari pihak ESDM yang melakukan survei di Balikpapan, tahun 2020 pemasangan Jargas akan meluas ke wilayah Balikpapan Utara.

“2020 itu infonya lanjutan Balikpapan Tengah di Gunung Sari Ulu dan Mekar Sari. Balikpapan Utara sementara yang berdekatan dengan Balikpapan Tengah yaitu Muara Rapak dan Gunung Samarinda. Jumlah SR nya kita belum dikasih tau,” kata Panti menyebutkan.

Panti menjelaskan, masyarakat Balikpapan cukup antusias untuk dipasangi Jargas. Berbeda ketika tahap pertama, yang mana sebagian besar masyarakat masih khawatir akan dampak gas yang ditimbulkan ketika terjadi kebocoran selang. Bahkan informasi yang diterima, tahun 2020 selain pemasangan gratis Jargas, Kementrian ESDM juga akan memberikan kompor gas yang sudah sesuai dengan ukuran selang jargas.

“Kalau yang sebelumnya kan hanya dipasangi meteran dan selang, kompor siapin sendiri dan masyarakat bayar 50 ribu untuk konversi selang kompornya. Informasinya tahun depan juga di kasih kompor yang sesuai,” ujarnya.

Panti berharap masyarakat Balikpapan mendukung pemerintah dan turut menyukseskan program pemerataan Jargas agar bisa dinikmati seluruh penduduk kota.  Karena salah satu indikator besaran kuota yang diberikan masing-masing daerah juga melihat dari respon masyarakat setempat.

Untuk wilayah Balikpapan tahap pertama pemasangan Jargas di tahun 2016-2017 sebanyak 3.894 SR di Balikpapan Tengah. (Diskominfo/ editor:mgm)

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id