main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:15:07

Pemkot Balikpapan dan Telkom Tandatangani MoU Untuk Akselerasi Smart City di Balikpapan

Pemkot Balikpapan dan Telkom Tandatangani MoU Untuk Akselerasi Smart City di Balikpapan

BALIKPAPAN -- Pemerintah Kota Balikpapan bersama Telkom Wilayah Telekomunikasi Balikpapan menandatangani kesepakatan bersama tentang pengembangan Smart City di Balikpapan di kantor Digital Inovation Lounge (Dilo), Balikpapan Baru, Kamis (22/8).

 

Penandatanganan dilakukan Wali Kota Rizal Effendi dengan Kepala Witel Balikpapan Deni Aryanto disaksikan Kepala Diskominfo Sutadi, Plh Kepala Disporapar Jumali, Kadis Perindustrian UMKM Doortje Marpaung serta jajaran Telkom Balikpapan. 

 

Kedepan kesepakatan ini akan ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata tentang peningkatan kreativitas pemuda di Balikpapan. 

 

Dilo merupakan tempat berkumpul pemuda kreatif dibidang IT yang berinovasi dan berinteraksi menjawab perkembangan milenial dan mendirikan pemuda Indonesia mandiri dan berdaya saing mendukung industri kreatif digital melalui tumbuhnya start up digital pemuda. Tujuan dari kerjasama ini adalah mendorong pemuda Balikpapan untuk lebih kreatif di bidang digital, sehingga menjadi pemuda yang mandiri dan berdaya sairng serta mampu mendukung industri kreatif digital nasional agar dapat bersaing dikancah global.

 

"Keberadaan Dilo sangat bermanfaat mengembangkan dan mencetak bakat anak -anak muda kreatif digital dan ini menjadi kader - kader kita. Kalau nanti betul-betul Balikpapan Kota Smart City," kata Wali Kota usai penandatanganan kesepakatan kerjasama. 

 

Selain itu juga dalam rangka menyiapkan jika benar Kaltim Ibukota negara diperlukan tenaga ahli digital yang diharapkan mampu menjawab perkembangan zaman. "Melalui Dilo ini anak -anak muda dilatih, UMKM kita juga OPD juga supaya betul-betul berkembang," ujarnya. 

 

Sejauh ini menurut Wali Kota Balikpapan, OPD dalam penerapan aplikasi atau kreatif digital baru sekitar 30-40 persen seperti yang ada dalam pelayanan Kependudukan, Dinas Perhubungan, Perizinan, Kesehatan serta kebencaan. "Perlu integritas untuk membantu pelayanan masyarakat lebih cepat dan efisien. Kedepan kita berlaku juga di Kelurahan, Kecamatan, Rumah Sakit. Puskesmas," katanya. 

 

Pada Kesempatan yang sama Kepala Witel Balikpapan Deni Aryanto mengatakan pembentukan ekosistem digital merupakan wujud penting untuk memajukan kreatif digital di masyarakat karena akan menggerakan ekonomi dan lapangan kerja. "Karena ini lagi booming dan ini sesuai arah Presiden.karena melalui Dilo Telkom memberikan ruang untuk penciptaan bibit-bibit kreatif digital yang operasional dikelola masyarakat digital Teknologi Indonesia, " katanya. 

 

Nantinya bibit kreativitas digital juga diberikan ruang untuk berkompetisi menunjukkan hasil karya mereka.  salah satu Go Nasional  aplikasi tukang Media  yang diciptakan anak asal Balikpapan pada 2016 lalu. 

 

Selain itu terdapat aplikasi Smart City yang dikembangkan sejak 2018 kemarin “Balikpapan juga salah satu masuk kota yang mengembangkan kota pintar yang sudah dilaksanakan wifi, konektiviti dan PPDB online. MoU itu sejak 2005," ujarnya. "Kalau Smart City baru intens sekarang dan kita masuk dewan Smart City Balikpapan untuk menyusun blue print dalam rangka Akselerasi aplikasi yang dipakai untuk pelayanan kepada masyarakat " tukasnya. (diskominfo/edit:nn)

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id