main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Selasa, 10 September 2019 - 07:02:43

Kepala BPOM Kaltim dan Wali Kota Luncurkan Cek KLIK

BALIKPAPAN --- Menyambut Indonesia Emas, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kaltimra bersama Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meluncurkan program cek KLIK (kemasan, label, izin edar, Kadaluarsa) kepada masyarakat untuk lebih cerdas dalam berbelanja.

Peluncuran ini ditandai dengan pemasangan hanging banner di Alfamidi Jl. MT. Haryono Kelurahan Damai sebagai pemberitahuan kepada masyarakat apabila bertransaksi apapun untuk melakukan Cek KLIK sebelum belanja, Sabtu sore (7/9).

Kepala BPOM Kaltimra di Samarinda Leonard Duma menjelaskan program Cek KLIK  merupakan program untuk mengajak masyarakat agar lebih kritis dengan melihat lebih teliti produk makanan dan obat yang akan dibeli. Aspek yang dilihat mencakup kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsanya.

“Mengajak ke masyarakat bahwa sebelum belanja cek kemasan, cek label dia harus memastikan kemasannya, dan memastikan ijin edarnya. Ini bukan aplikasi, masing-masing konsumen untuk melakukan cek klik. Kalo yang aplikasi ini melihat ijin edarnya agar konsumen bisa melihat dengan pasti. Tujuan mencapai Indonesia emas,” jelasnya.

“Dari kemasan harus dalam kondisi baik, labelnya baca informasinya tercantum tidak, pastikan izin edarnya dan masa kedaluwarsanya produk yang akan dibeli,” tandasnya.

Dalam peluncuran itu hadir Wali Kota Balikpapan, Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) Kaltim Gatot Teguh,Kadisdag Balikpapan Arzaedi Rachman. Diakui pihaknya sering mendapatkan temuan pangan yang kedaluwarsa. Sehingga masyarakat harus lebih teliti dalam membeli barang.

“Kita harapkan anggota Aprindo juga turut mengkampanyekannya. Tetapi ini tidak memaksa karena ini sifatnya sukarela sehingga tidak ada sanksi. Kita hanya imbau, mau melaksanakan cek klik,” tambahnya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengapresiasi program cek KLIK untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sehat sekaligus menyambut Indonesia emas.

“Cek klik ini sangat baik mewujudkan masyarakat Indonesia sehat dalam mengkonsumsi makanan dan obat. Sekarang kita juga menyambut Indonesia emas,” ucapnya.

Wali Kota mengusulkan agar program ini melibatkan pelajar karena bagian dari generasi yang sangat bersentuhan dengan kesehatan dan keamanan makanan dan obat-obatan

“Karena pendidikan ini penting untuk ke anak-anak. Apalagi anak-anak bisa mengingatkan orang tua saat berbelanja. Nanti kita bikin duta-duta cek klik,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Aprindo Kaltim, Gatot Teguh Januar mengatakan program ini sebuah terobosan yang bagus karena edukasi yang lebih cerdas dengan mengikuti bisnis ritel di Indonesia.

“Kalau dari Aprindo kami merasa ini sebuah terobosan bagus, merupakan edukasi lebih cerdas mengikuti bisnis ritel di Indonesia,” ucapnya.

Kedepan melalui program ini kepercayaan publik kepada pelaku usaha akan semakin membaik. Dan pengusaha ritel akan melakukan perbaikan.

“Ritel harus lebih konsisten dari kemasan, expired dan lain-lain. Kami merasa bahwa ini menyatukan frekuensi antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat,”tukasnya. (Diskominfo/mgm)

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id