main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 11 September 2019 - 06:41:01

Potensi Penyebaran Paham Radikal di Balikpapan Masih Kecil Tapi Tetap Harus Diwaspadai

Potensi Penyebaran Paham Radikal di Balikpapan Masih Kecil Tapi Tetap Harus Diwaspadai

BALIKPAPAN - Setiap  daerah memiliki potensi adanya penyebaran paham radikalisme termasuk kota Balikpapan yang kedepan menjadi kawasan penyangga ibu kota negara yang baru.

Meski  Kota Balikpapan memiliki potensi kecil  terjadi penyebaran paham radikal, hal ini tetap harus diwaspadai.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Balikpapan I Ketut Rasna mengatakan penyebaran paham radikal yang dapat membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Ketut, Kota Balikpapan tergolong aman terhadap potensi penyebaran paham radikalisme. Namun hal ini tetap harus diwaspadai.

“Potensi itu ada tapi kecil, namun kita harus tetap waspada agar tidak mengancam NKRI, karena paham radikalisme merupakan musuh bagi pemerintah,” tandas Ketut dalam kegiatan diskusi yang bertema “Komunikasi Sosial Kemasyarakatan dan Pembahasan Isu-isu Strategis Bidang Organisasi Kemasyarakatan” di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (09/09).

Untuk itu,diperlukan kerjasama antara pemerintah dengan elemen masyarakat yakni organisasi masyarakat untuk bersama-sama dalam memerangi penyebaran paham radikalisme.

Penyebaran paham radikalisme dapat tersebar melalui kegiatan masyarakat yang melibatkan perkumpulan atau organisasi masyarakat yang dapat menyebabkan pengikut terpapar paham radikalisme yang menimbulkan kebencian terhadap pemerintah.

"Pemerintah, masyarakat termasuk organisasi masyarakat dapat bersama-sama mengawasi penyebaran paham radikalisme, dengan melaporkan setiap kegiatan yang mencurigakan ke aparat setempat sebagai upaya untuk pencegahan penyebarannya," imbuhnya.

Ketut mengakui berdasarkan pengalaman pada Pemilu 2019 lalu, masyarakat mudah terprovokasi dengan isu yang beredar melalui media sosial. Hal ini dikhawatirkan membawa ujaran kebencian kepada pemerintah, sehingga menimbulkan potensi perpecahan.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri bersama Kesbangpol Balikpapan, puluhan perwakilan ormas Balikpapan hadir. Mereka mendapatkan pemahaman terhadap  isu-isu yang beredar, agar tidak mudah menyebarkan apalagi terprovokasi melakukan tindakan perpecahan.

Karena itu, diperlukan komunikasi yang baik antara pemerintah dengan elemen masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan untuk menangkal paham radikalisme.

“Perlu ada komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, karena yang namanya radikalisme memang musuh pemerintah, dan pelaksanaan pemilu ini menunjukan kredibilitas pemerintah, sehingga apabila pemilu gagal maka pemerintah gagal,” tukasnya.(Diskominfo/ editor:mgm)

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id