main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 11 September 2019 - 06:58:27

Kabut Asap Landa Balikpapan, BPBD Dapat Bantuan 3000 Masker

BALIKPAPAN - Sebanyak 3000 masker batuan dari berbagai pihak telah datang ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan sebagai bentuk bantuan masyarakat yang terganggu akibat kabut asap yang melanda Kota Balikpapan sejak Selasa Subuh hingga pukul 09.30 wita, (10/9).

Bantuan masker ini datang dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo, Rumah Ssakit Balikpapan Baru, Rumah Sakit Pertamina, Rumah Sakit Siloam, Bank Mandiri, dan Perusahaan Alkes Alexa.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Balikpapan Suseno mengatakan pembagian masker akan dilakukan saat dibutuhkan masyarakat dengan bantuan dari rumah sakit, perusahaan dan perbankan.

Rencananya mau kita bagikan kalau besok terjadi kembali kabut asap. “Tadi mau dibagikan tapi angin mengurangi asap dan sekarang kita tunda dulu pada saat di lapangan memerlukan kita bagikan,” tuturnya.

Penyedian masker ini bentuk antisipasi bersama atas kabut asap yang baru terjadi pada 2019 ini. Namun dia memastikan asal asap berasal dari daerah lain, meskipun di Balikpapan sempat terjadi beberapa kebakaran lahan namun tidak signifikan menimbulkan kabut asap seperti tadi pagi.

“Bentuk antisipasi dari pemerintah kota menghadapi karhutla. Sebetulnya kalau tadi pagi kabut asap itu kejadian bukan di Balikpapan karena tidak terjadi kebakaran. Kita berkordinasi dengan BMKG titik hotspot di Balikpapan nihil,’ ujarnya.

Dari laporan yang diterima, banyak  titik hotspot dari Penajam Paser Utara dan Paser menyebabkan terjadi kebarakaran lahan ditambah arah angin dari barat daya ke arah Balikpapan.

”Jadi kemungkinan dari PPU dan Paser atau bisa juga dari Kalsel. Bahasa gampang itu asap kiriman,” ungkapnya.

Rentang waktu cukup parah kabut asap terjadi pada pukul  pagi hingga pukul 09.30 wita.

“Tadi pagi kami dapat keluhan warga Tanya kenapa ada asap dan ada beberapa warga terganggu. Kami informasikan terjadi kebakaran lahan tapi bukan di hutan atau lahan di Balikpapan,” tandasnya.

Ditempat terpisah, warga Perumahan Ramayana Balikpapan Utara, Maryani mengatakan kabut asap tampak keliatan jelas jika berada di ketinggian gedung atau daerah berbukit. " Bau asap sudah nyengat, sampai nempel di baju tercium "ujarnya.

Namun menurut wanita yang bekerja di kawasan Klandasan, sebaran kabut asap mulai berkurang memasuki pukul 09.00 wita."  Jam 09.30  sudah mulai hilang kabut asapnya disini, " tukasnya. (Diskominfo/ editor:mgm)

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id