main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Rabu, 02 Oktober 2019 - 10:19:26

Layanan Panggilan Darurat Terintegrasi, Samarinda dan Tarakan Akan Ikuti Balikpapan

BALIKPAPAN - Kota Samarinda dan Tarakan pada pertengahan Oktober ini menyusul menerapkan sistem layanan panggilan darurat 112 yang sudah dilaksanakan kota Balikpapan sejak 2017 silam. Saat ini baru 36 kota dari 400 lebih kota/kabupaten di Indonesia yang terintegrasi dalam sistem layanan panggilan darurat 112.

Meski belum  dijalankan pemda di Kalimantan, Kota Balikpapan ditunjuk sebagai pilot project untuk daerah di Kalimantan Timur dalam melaksanakan program sistem layanan panggilan darurat 112 sejak tahun 2017.

“Untuk tahun ini Pemerintah Kota Samarinda dan Pemerintah Kota Tarakan sudah menyatakan komitmen untuk mendukung program sistem layanan panggilan darurat 112 pertengahan Oktober mereka akan integrasikan ke 112,”tutur Kepala Sub Direktorat  Infrastruktur Keperluan Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Harapan Takaryawan  dalam sosialisasi Program Perioritas Akses Broadband layanan Panggilan 112, Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Infrastruktur Pasif Telekomunikasi di Novotel, Selasa (1/10). Kegiatan ini diikuti 56 Dinas Kominfo kabupaten/kota se Kalimantan.

Takaryawan menjelaskan pemerintah menargetkan layanan panggilan darurat 112 dapat terintegrasi secara nasional di seluruh kabupaten/kota pada tahun 2024 mendatang.

Melalui layanan ini diharapkan masyarakat dapat dengan mudah melaporkan setiap peristiwa darurat yang terjadi di sekitarnya, sehingga dapat lebih cepat ditangani.

“Layanan telepon 112 merupakan panggilan darurat yang bebas pulsa, jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mendorong terus kabupaten/kota di Indonesia untuk terintegrasi dalam sistem layanan panggilan darurat 112. Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat nomor layanan darurat. Dengan satu nomor layanan darurat, respon yang dilakukan juga diharapkan lebih baik dan efisien.

“Kondisi kesiapan dari masing-masing kabupaten/kota yang menjadi kendala, padahal melalui program ini masyarakat menjadi lebih mudah dalam melaporkan kejadian darurat,” tandasnya.

Dia menggarisbawahi diperlukan komitmen dari kepala daerah untuk mendukung program ini.  Karena masing-masing daerah sudah memiliki nomor panggilan darurat sendiri yang belum terintegrasi.

“Kalau kita lihat beberapa instansi di daerah sudah memiliki panggilan, tinggal diintegrasikan dan ditunjuk siapa yang mengerjakan, jadi hanya tinggal komitmen dari kepada daerah untuk mendukung program tersebut,” tandasnya.

Menurutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) siap membantu untuk membangun jaringan di daerah agar terkoneksi dengan sistem yang sudah ada.

“Sebenarnya setiap daerah itu sudah punya, kalau telepon pemadam ada kebakaran bisa langsung datang, atau ada yang sakit bisa telepon ambulans cuma itu tidak terintegrasi, masyarakat harus menghafal banyak nomor, ini yang menjadi kendala,” tukasnya. (Diskominfo/ editor:mgm)

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id