main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Jumat, 04 Oktober 2019 - 08:52:57

Pertama di Kaltim, Puskesmas Mekarsari Raih Akreditasi Paripurna

Pertama di Kaltim, Puskesmas  Mekarsari Raih Akreditasi Paripurna

BALIKPAPAN -  Puskesmas Mekarsari dibawah pembinaan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mendapatkan predikat Akreditasi paripurna. Capaian membanggakan ini merupakan pertama kali di Balikpapan bahkan di Provinsi Kalimantan Timur.

"Alhamdulillah Mekarsari mendapat hasil paripurna itu pencapaian tertinggi dari  penilaian akreditasi dan  menjadi satu satunya puskesmas paripurna se Kaltim"  ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty disela-sela kegiatan penilaian tim akreditasi di Puskesmas Prapatan pada Kamis (03/10/2019) pagi.

Sejumlah puskesmas di Balikpapan ajukan re-akreditas kepada Kementrian Kesehatan.  Re-akreditasi dilakukan untuk mempertahankan akreditasi puskesmas yang sudah ada dan berharap naik status setelah tiga tahun memperoleh akreditasi.

Re-akreditasi selanjutnya adalah Puskesmas Sepinggan yang hasil penilaiannya meningkat dari status Dasar ke status madya dan Puskesmas Klandasan Ilir yang mendapatkan status utama.

Adapun pada September 2019 Puskesmas Gunung Bahagia dan Puskesmas Manggar juga lakukan re-akreditasi. Namun pihaknya masih menunggu hasil penilaian.

Pada Oktober 2019, dua puskesmas yang masuk penilaian re-akreditasi adalah Puskesmas Prapatan dan Puskesmas Baru Ulu.  Penilaian dilakukan oleh tim dan berlangsung selama tiga hari. Selama proses penilaian, tim akreditasi akan mengambil alih manajemen agar mengetahui lebih detail kinerja puskesmas yang bersangkutan.

“Hari ini Puskesmas Prapatan dan Puskesmas Baru Ulu  akan berproses sampe hari Sabtu. Nanti penilaiannya yang terdiri dari penilaian dokumen, administrasi puskesmas, penilaian upaya kesehatan. Nanti dites akan naik kemana. Kalau masih belum berarti nggak nambah. Kalau memang bagus bisa langsung naik dua,” jelas Dio sapaan akrab Andi Sri Juliarty.

Dio juga menyatakan Untuk mendukung program peningkatan pelayanan masyarakat yang berkualitas dan prima, pihaknya telah menerapkan sistem digital dalam setiap pelayanan yang diterapkan di puskesmas.

"Penerapan sistem itu meliputi penggunaan sistem antrian digital hingga penyusunan laporan serta database pelayanan yang sudah menggunakan sistem digital," katanya.

Salah satu penilaian akreditasi kata Dio juga berdasarkan  penilaian dokumen administrasi puskesmas oleh tim akreditasi.

"Makanya kami membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat, agar seluruh puskesmas dapat terakreditasi," tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan hasil akreditasi untuk kepentingan masyarakat. Ia berujar, Puskesmas sebagai pusat pelayan kesehatan yang terakreditasi akan terjamin mutu pelayanannya. Fasilitas kesehatan berakreditasi juga menyesuaikan dengan program BPJS Kesehatan.

Untuk meningkatkan status akreditasi, kata Wali Kota, penyelenggara kesehatan harus memperbaiki pelayanan manajemen resiko. Tim juga akan menilai kerjasama puskesmas untuk pelayanan di luar gedung seperti kegiatan posyandu, sosialisasi di sekolah dan LPM serta tokoh masyarakat.

“Paradigma kesehatan sudah berubah. Sekarang itu masyarakat tuntut pelayanan luar biasa. Akreditasi ini juga untuk kepentingan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan nda mau kerjasama kalau pelayanan kesehatan tidak terakreditasi, Jadi puskesmas yang tidak terakreditasi tidak lagi melayani pasien BPJS,” kata wali kota Rizal.

Dalam kesempatan tersebut wali kota juga menyinggung soal Ibu Kota Negara (IKN) baru. Ia berujar Balikpapan perlu menyiapkan fasilitas kesehatan yang baik dan melengkapi pelayanannya. Hal ini mengingat Balikpapan adalah pintu gerbang Kaltim dan menjadi lumbung IKN. Ia berharap Puskesmas Prapatan dan Puskesmas Baru Ulu mampu meningkatkan pelayanannya, agar naik status akreditasi.

“Tiga hari kita ikuti akreditasi mudahan sukses. Ujian pelayanan bisa seperti ini yang menentukan penilaian meskipun ada tamu pelayanan tetap baik, tidak boleh dikorbankan pasien,” kata wali kota. (Diskominfo/ editor:mgm)

 

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id