main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Senin, 02 Desember 2019 - 14:34:59

PDAM Targetkan Awal Desember Pra Kualifikasi Tender Desalinasi Air Laut

BALIKPAPAN --Sebanyak 19 investor dari luar negeri maupun dalam negeri hadir dalam acara Market Sounding KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha). Acara tersebut merupakan pertemuan antara manajemen PDAM dengan investor terkait proyek desalinasi atau pengelolaan air laut menjadi air minum yang digelar di Kantor PDAM Kota Balikpapan, Kamis (28/11).

Para investor yang hadir dari berbagai latar belakang. Namun, kebanyakan bergerak dibidang pertambangan dan migas yakni Medco Energy, Adaro, maupun Elnusa,

“Para investor yang hadir karena mau tahu dulu tentang program desalinasi. Karena ini  alternatif untuk memenuhi air bersih masyarakat. Ada juga BUMN konstruksi Wika (Wijaya Karya), dan perusahaan dari Singapura,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan Hadir Effendi, ditemui Jumat  Jumat (29/11).

Haidir menjelaskan PDAM akan mulai melakukan pra-kualifikasi tender pada 5 Desember 2019, dilanjutkan dengan tender dan diperkirakan dalam jangka waktu tiga hingga enam bulan kedepan sudah ada pemenangan tender. Menurutnya kerja sama yang ditawarkan jangka waktu 25 tahun.

“Sistem kerjasamanya BOT (Build Operate Transfer – Bangun Guna Serah), setelah 25 tahun diserahkan ke pemerintah. Konsepnya mereka investasi, mengolah kemudian dijual ke PDAM. Nanti PDAM yang menjual ke masyarakat kita. Misal harga 15 ribu perkubik," terangnya.

PDAM memperkirakan proyek desalinasi tersebut rampung  pada akhir tahun depan. Proyek itu nantinya akan berlangsung di Stalkuda karena diproyeksikan akan juga melayani pembangunan coastal road atau jalan lingkar tepi pantai.

Proyek desalinasi menghasilkan produksi air bersih 50 liter perdetik. proyek ini diperkirakan  menyedot investasi paling sedikit Rp115 milliar. Pada tahap awal, proyek itu dapat menangani empat ribu pelanggan rumah tangga. Namun untuk pertama diutamakan pelanggan industri atau kelas bisnis.

“Karena maksimal harga awal 15 ribu perkubik. Jadi belum berani menawarkan ke pelanggan rumah tangga,” tandasnya.

Kesulitan air baku membuat PDAM Tirta Manggar Balikpapan mereliasaikan proyek desalinasi. Selama bertahun-tahun PDAM PDAM mengandalkan Waduk Manggar maupun sumur pompa untuk sumber utama air baku. Kondisi itu menyulitkan ketika memasuki musim kemarau. (Diskominfo/ editor:mgm)

 Buku Tamu
  • Selamat pagi, Saya mendapat surt edaran untuk mencetak Spanduk HUT RI 74, menurut edaran suruh download di balikpapan,go,id tapi nda ada link nya, bisa kah saya di bantu untuk link download Softcopy Spanduk HUT RI 74 Terima kasih

  • tombol unduh soft copy spanduk hut ri 74 itu dimana ya?

  • Tolong donk kepada dinas terkait masalah sampah...daerah jalan banjar gn sari ilir tidak disediakan tempat pembuangan sampah sehingga warga jalan banjar suka buang sampah di jln utama gn sari ilir ( dipinggir2 jalan raya) dan sembarang tempat....sehingga tidak enak dipandang....mohon bantuan dr pemkot balikpapan untuk mencari jalan keluar utk masalah jalan banjar ini...trims

  • Min saya mau tanya untuk hasil seleksi tahap 2 belum ada pengumuman nya kah?

  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id