main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Sejarah

Sejarah Kota Balikpapan tidak bisa dipisahkan dengan Minyak yaitu lebih tepatnya dengan sumur minyak Mathilda, sumur pengeboran perdana pada tanggal 10 Februari 1897 di kaki gunung Komendur di sisi timur Teluk Balikpapan. Penamaan sumur minyak ini berasal dari nama anak JH Menten dari JH Menten dan Firma Samuel & Co sebagai pemenang hak konsesi pengeboran di yang ditunjuk pemerintah Hindia Belanda yang telah mengontrak Balikpapan dari Kesultanan Kutai.

Di awal tahun 1900-an bertambahnya jumlah penemuan dan pengeboran minyak di Balikpapan telah membawa pendatang dalam jumlah besar ke Balikpapan. Pendatang ini kebanyakan adalah orang Cina dan para pekerja pengeboran yang rata-rata berasal dari jawa dan berbagai daerah lainnya seperti India. Pekerja dari Cina dan India inilah yang menjadi cikal bakal penghuni desa di Tukung (Klandasan) dan Jumpi (Kampung Baru) yang merupakan asal usul sebagian besar warga Balikpapan. Selain itu keberadaan minyak, yaitu minyak tanah atau "lantung", juga mengundang semakin besarnya jumlah pedagang yang datang dari daerah Kerajaan Banjar di Banjarmasin dan Bone di Sulawesi Selatan untuk berdagang dan singgah di Balikpapan.

 

Seiring dengan berkembangnya waktu Balikpapan telah berkembang menjadi "Kota Minyak" dengan besarnya produksi minyak yang dihasilkan yang mencapai 86 juta barrel per tahun. Perkembangan industri minyak inilah yang telah membangun Balikpapan menjadi kota industri. Namun Saat ini Balikpapan tidak lagi menjadi Kota Minyak yang berorientasi pada pengeboran melainkan pada jasa pengolahan minyak yang telah mengolah minyak mentah dari sekitar Balikpapan, yaitu Sepinggan, Handil, Bekapai, Sanga-sanga, Tarakan, Bunyu dan Tanjung serta minyak mentah yang diimpor dari negara lain.

Asal usul nama Balikpapan

Menilik dari susunannya, kata “Balikpapan” dapat dimasukkan ke dalam asal kata bahasa Melayu. Menurut buku karya F. Valenijn pada tahun 1724, menyebut suatu daerah di hulu sebuah sungai yang berada di Teluk sekitar tiga mil dari pantai, desa itu bernama BILIPAPAN, dan nama tersebut dikaitkan dengan sebuah komunitas pedesaan di teluk yang sekarang dikenal dengan nama Teluk Balikpapan.

Ada beberapa versi mengenai asal usul nama Balikpapan, antara lain:

  1. Versi Pertama ( Sumber : Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724 )
    Menurut legenda, asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan) dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama "Jenebora". Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai "Baliklah - papan itu" atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).

  2. Versi Kedua ( Sumber : Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan )

    Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama "Negeri Balikpapan". Orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama " KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN ". Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama "KULENG - PAPAN" atau artinya "BALIK - PAPAN" (Dalam bahasa Pasir, Kuleng artinya Balik dan Papan artinya Papan) dan diperkirakan nama negeri Balikpapan itu adalah sekitar tahun 1527.

 

Hari Jadi Kota Balikpapan

Hari jadi Kota Balikpapan ditentukan pada tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini merupakan tanggal peristiwa pengeboran pertama sumur minyak di Balikpapan dan merupakan hasil seminar sejarah Kota Balikpapan tanggal 1 Desember 1984.

 

Walikota dari Masa ke Masa

  1. H.A.R.S.MUHAMMAD ( 1960 - 1963 )
  2. MAYOR TNI. AD BAMBANG SOETIKNO ( 1963 - 1965 )
  3. MAYOR TNI.AD IMAT SAILI ( 1965 - 1967 )
  4. MAYOR POL.ZAINAL ARIFIN ( 1967 - 1973 )
  5. LETKOL.POL.H.M.ASNAWI ARBAIN ( 1974 - 1981 )
  6. KOL.CZI.TNI.AD.SYARIFUDIN YOES ( 1981 - 1989 )
  7. H. HERMAIN OKOL (Sebagai Plt.Walikota) ( 1989 - 1991 )
  8. KOL.INF.H.TJUTJUP SUPARNA ( 1991 - Juni 2001)
  9. H. IMDAAD HAMID ( Juni 2001 - 2011 )
  10. H. M. RIZAL EFFENDI (2011 - s.d. sekarang)
 Buku Tamu
  • untuk beasiswa s1 thn 2019 dikaltim apakah sudah dibuka?

  • dear admin, di Dinas mana saya bisa mensterilkan kucing-kucing liar ?? Terima kasih.

  • Saya dandi kurniawan, saya mau buka atm mandiri tapi data saya di capil beda dengan yang di ktp dan kartu keluarga. Di ktp saya alamatnya jln. Jend sudirman, tapi di data capil jln. Mt haryono. Saya di suruh ke capil balikpapan, tapi saya sekarang berada di wajo di suruh verifikasi, tapi saya ngga bisa ke balikpapan saat ini, mugkin ini kecerobohan para pegawai. Tapi mohon data saya tolong di ubah.

  • Yth.Bapak/Ibu Pejabat Terkait mohon maaf sebelumnya. Saran dan Masukan : 1. Sepanjang Jalan mulai dari Sepinggan sampai dengan Jl. Mulawarman banyak jalan yang berlubang dan sangat membahayakan pengendara lalu lintas terutama kendaraan roda dua. , mohon ijin kepada Bapak/Ibu pejabat terkait agar kiranya dapat segera memperbaiki sebagaimana mestinya. terima kasih

  • Assalamu'alaikum wr wb Saya adalah penduduk Indonesia yang sekarang bermukim di Kota Batam, tetapi asal orang tua dan kelahiran saya adalah di Kota Balikpapan. Saya memiliki masalah kehilangan akta kelahiran asli. Saya ingin bertanya mengenai pengurusan akta kelahiran yang hilang tersebut di mana kelahiran saya pada tanggal 25 April 1975. Demikian disampaikan dengan iringan doa dan harapan semoga Dispendukcapil Pemko Balikpapan jaya selalu. Atas perkenan dan bantuannya, dihaturkan ucapan terima kasih. Wassalamu'alaikum wr wb

  • Mohon informasi tentang NIB, apakah saat ini sudah berlaku di Balikpapan? Apakah benar bila sudah NIB ijin lain seperti TDP, SIUP tidak ada lagi?. Terimakasih

  • Dear admin, mohon dikirmkan file gambar umbu2 dan spanduk ke email kami. kalau bisa yang resolusi tinggi ya

  • Mohon segera dikirim file besar spanduk & umbul2 HUT kota Balikpapan, Corel, JPG atau PNG . makasih

  • Dear admin, mohon bantu link format spanduk hut balikpapan ke-122 dengan resolusi high,, mohon diinfokan ke ekymaulana@gmail.com / itoffblp@unitedtractors.com (082148957667) terima kasih

  • Mohon dikirim file contoh spanduk HUT BPN ke 22 ke email saya .terima kasih


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id