main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Visi & Misi

Visi dan Misi

 

Visi pembangunan daerah Kota Balikpapan untuk periode RPJMD 2016-2021 sesuai dengan visi kepala daerah terpilih adalah sebagai berikut: 

“Mewujudkan Balikpapan Sebagai Kota Terkemuka yang Nyaman Dihuni dan Berkelanjutan Menuju Madinatul Iman”

Kota Balikpapan sebagai Kota Nyaman Dihuni (Livable City) adalah suatu kondisi lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktivitas yang dilihat dari berbagai aspek baik aspek fisik (fasilitas perkotaan, prasarana, tata ruang, dll) maupun aspek non-fisik (hubungan sosial, aktivitas ekonomi, dll). Prinsip-prinsip dari Livable City diantaranya :

  1. Tersedianya berbagai kebutuhan dasar masyarakat perkotaan (hunian yang layak, air bersih, listrik)
  2. Tersedianya berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial (transportasi publik, taman kota, fasilitas kesehatan/ kesehatan/ ibadah)
  3. Tersedianya ruang dan tempat publik untuk bersosialisasi dan berinteraksi
  4. Keamanan, bebas dari rasa takut.
  5. Mendukung fungsi ekonomi, sosial dan budaya
  6. Sanitasi lingkungan dan keindahan lingkungan fisik

Madinatul Iman, mengandung makna sebagai berikut :

  1. Suatu sistem sosial yang tumbuh dan berkembang, yang berasaskan pada prinsip moral.
  2. Menjamin kebebasan perorangan dengan tetap memperhatikan kestabilan masyarakat.
  3. Mendorong daya usaha dan inisiatif individu di segala bidang penyelenggaraan pemerintahan dengan mengacu pada peraturan perundangan-undangan.
  4. Tatanan masyarakat yang beriman, sejahtera, religius dan berperadaban maju

Misi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih menjadi Misi Kota Balikpapan Tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi;
  2. Mewujudkan Kota Layak Huni Yang Berwawasan Lingkungan;
  3. Meningkatkan infrastruktur kota yang representatif;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik.


Sementara itu, Visi dan Misi Kota Balikpapan seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Balikpapan Tahun 2005-2025 (Perda No. 1 Tahun 2013) adalah sebagai berikut :

 

Visi :

“Terwujudnya Balikpapan sebagai Kota 5 Dimensi: Jasa, Industri, Perdagangan, Pariwisata, Pendidikan & Budaya dalam Bingkai Madinatul Iman“

 

Misi :

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing;
  2. Menyediakan infrastruktur kota yang memadai;
  3. Mewujudkan kota layak huni yang berwawasan lingkungan;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kepemerintahan yang baik



 Buku Tamu
  • Permintaan Form Survey IKM 2017 untuk bahan evaluasi kami untuk peningkatan hasil survey IKM 2018 terimakasih

  • selamat siang, saya mahasiswa dari jakarta namun asal saya dari balikpapan tadi saya sedang mencoba untuk pendaftaran beasiswa akan tetapi tidak bisa di karenakan kampus saya tidak terdaftar... jadi apa yang harus saya lakukan ? apakah saya tidak punya kesempatan lagi ? mohon jawabannya terimakasih :)

  • Assalamu'alaikum Wr. Wb. Saya ingin mendaftar beasiswa akan tetapi setelah data diisi kemudian klik tombol registrasi kembali ke halaman pendaftaran. Apakah data saya telah masuk ? Mengapa tidak ada update pada hasil seleksi ?

  • Assalamu alaikum wr wb. Saya mewakili masyarakat yang mengeluh dalam hal pembayaran pbb-p2, sampai dengan saat ini dan tidak ada kejelasan dari BPPDRD kota balikpapan kapan bisa dilakukan pembayaran pbb-p2 kelurahan batu ampar dan gunung samarinda. Sudah dua bulan lebih masyarakat tidak bisa membayar sebagai kewajiban selaku warga kota balikpapan yang baik. Mohon pak wali mengambil langkah nyata mengatasi masalah ini, masih banyak masalah lainnya seputar PBB-P2, yaitu tidak akurat dan validnya data SPPT. Ada yang tidak terbit di tahun 2018, ada objek pajak bangunan yang hilang (tidak ada), ada NJOP bumi atau bangunan yang naik tinggi dan banyak juga yang turun, dll...... Bahkan ada wajib pajak yang sudah bayar PBB tahun sebelumnya, ternyata ditagih lagi, karena data pembukuan di BPPDRD tidak valid. Semoga hal ini menjadi perhatian pemerintah kota balikpapan. Wasssalam..

  • Assalamualaikum Mohon informasinya sy mahasiswa akan melakukan riset di balikpapan mengenai kerjasama JICA dan BLH. apakah sy dapat langsung memberikan proposal, surat pengantar kampus ke BLH, atau harus ke pemkot kota balikpapan dl? trimakasih

  • Assalamualaikum kak, saya ingin bertanya bagaimana cara mengaktifkan nomor kartu keluarga baru kak? Karena ketika saya cek data EKTP saya secara online masih menggunakan alamat lama, tidak menggunakan alamat baru dan masih menggunakan nomor KK lama. Makasih

  • Selamat siang, Kepada Yth. Bpk/Ibu Admin Perkenalkan, saya Purris ingin mengajukan pertanyaan sebagai berikut: 1. Apakah foto kopi KK dan KTM diperlukan untuk seleksi beasiswa ini? 2. Jika penerima beasiswa telah terpilih, berapa lama kah dana beasiswa yang diberikan kepada penerima beasiswa dapat berlangsung ? Demikian pertanyaan yang saya ajukan, saya menunggu jawaban dari Bpk/Ibu. Atas perhatian Bpk/ Ibu saya ucapkan terimakasih. Regards, Purris Rachelina Girsang.

  • Assalamualaykum Wr. Wb, Selamat siang admin, saya ingin bertanya. Apakah web http://beasiswa.balikpapan.go.id sedang mengalami gangguan? Saya sudah melakukan pengisian data dengan benar sesuai prosedur di web tersebut tetapi setalah saya submit seperti tidak terupload atau gagal. Terima Kasih. Wassalamualaykum Wr, Wb.

  • Assalamu'alaykum pak. Saya mau bertanya mengenai pendaftaran beasiswa balikpapan. Setelah saya coba. Mengapa ya saat saya mengisi no kk dan nik.. di katakan tidak sesuai?. Mohon konfirm nya pak?

  • mohon informasi admin beasiswa 2018 dari pemkot masih buka atau sudahj tutup.


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id