main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Visi & Misi

Visi dan Misi

 

Visi pembangunan daerah Kota Balikpapan untuk periode RPJMD 2016-2021 sesuai dengan visi kepala daerah terpilih adalah sebagai berikut: 

“Mewujudkan Balikpapan Sebagai Kota Terkemuka yang Nyaman Dihuni dan Berkelanjutan Menuju Madinatul Iman”

Kota Balikpapan sebagai Kota Nyaman Dihuni (Livable City) adalah suatu kondisi lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktivitas yang dilihat dari berbagai aspek baik aspek fisik (fasilitas perkotaan, prasarana, tata ruang, dll) maupun aspek non-fisik (hubungan sosial, aktivitas ekonomi, dll). Prinsip-prinsip dari Livable City diantaranya :

  1. Tersedianya berbagai kebutuhan dasar masyarakat perkotaan (hunian yang layak, air bersih, listrik)
  2. Tersedianya berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial (transportasi publik, taman kota, fasilitas kesehatan/ kesehatan/ ibadah)
  3. Tersedianya ruang dan tempat publik untuk bersosialisasi dan berinteraksi
  4. Keamanan, bebas dari rasa takut.
  5. Mendukung fungsi ekonomi, sosial dan budaya
  6. Sanitasi lingkungan dan keindahan lingkungan fisik

Madinatul Iman, mengandung makna sebagai berikut :

  1. Suatu sistem sosial yang tumbuh dan berkembang, yang berasaskan pada prinsip moral.
  2. Menjamin kebebasan perorangan dengan tetap memperhatikan kestabilan masyarakat.
  3. Mendorong daya usaha dan inisiatif individu di segala bidang penyelenggaraan pemerintahan dengan mengacu pada peraturan perundangan-undangan.
  4. Tatanan masyarakat yang beriman, sejahtera, religius dan berperadaban maju

Misi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih menjadi Misi Kota Balikpapan Tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi;
  2. Mewujudkan Kota Layak Huni Yang Berwawasan Lingkungan;
  3. Meningkatkan infrastruktur kota yang representatif;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik.


Sementara itu, Visi dan Misi Kota Balikpapan seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Balikpapan Tahun 2005-2025 (Perda No. 1 Tahun 2013) adalah sebagai berikut :

 

Visi :

“Terwujudnya Balikpapan sebagai Kota 5 Dimensi: Jasa, Industri, Perdagangan, Pariwisata, Pendidikan & Budaya dalam Bingkai Madinatul Iman“

 

Misi :

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing;
  2. Menyediakan infrastruktur kota yang memadai;
  3. Mewujudkan kota layak huni yang berwawasan lingkungan;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kepemerintahan yang baik



 Buku Tamu
  • assalamualaikum.. saya mau bertanya untuk tranparansi laporan keuangna 2017 apakah sudah ada? yang saya lihat cuma dari tahun 2014-2016, yg di 2017 hanya penyaluran dana hibah.. disini saya keperluan skripsi terima kasih..

  • Assalamualaikum.. Pemerintah Kota Balikpapan hingga saat ini apakah tidak ada rencana khusus untuk membuat sirkuit balap guna menyalurkan bakat serta hobby sebagian rider dan driver serta komunitas motor dan mobil disana? Mengingat dari segi ekonomi yang bisa menjadi keuntungan kas keuangan kota balikpapan yang bisa digunakan untuk rencana pembangunan selanjutnya, mengingat banyaknya peminat pada kategori olahraga balap. Seperti contoh halnya Pemerintah Kota Surabaya baru saja membuat sirkuit walaupun belum 100% jadi namun sudah dibuka dan dipakai untuk umum, dimana harapannya dari biaya yang ditetapkan ke pengguna/rider di sirkuit bisa di alokasikan ke finishing ataupun ke pembangunan selanjutnya. Alhasil tidak lagi terlihat ada balapan liar dan pengguna jalanpun bisa tertib karena sudah mengetahui tempat yang tepat. Disamping itu juga dapat menciptakan ketertiban berkendara di lalu lintas Kota Balikpapan. Terima kasih. Wassalamualaikum.

  • mau tanya apakah beasiswa kota balikpapan 2018 telah dibuka?

  • Assalamu'alaikum. Saya mau tanya, beasiswa thn 2018 kira-kira kapan ya dibukanya ? Terimakasih

  • Permisi admin balikpapan, bolehkah saya tau dimana lokasi Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) di kota balikpapan? karna saya ingin mengajukan surat izin penelitian skripsi di salah satu dinas/instansi terkait di balikpapan, terimakasih

  • Selamat sore, saya mau menanyakan beasiswa balikpapan tahun 2018 apakah sdh buka.. Utk website beasiswa.balikpapan.go.id apakah itu website resminya pemkot kota balikpapan? Trimaksih

  • Selamat siang. Saya ingin bertanya kapan estimasi waktu untuk pendaftaran beasiswa pemerintah kota Balikpapan tahun 2018 jenjang S1 ?. Terimakasih selamat Siang dan selamat Beraktivitas.

  • Saya Anwar, warga sekitar jalan mayor zainal arifin, kejadian hari ini dan sebelumnya, adalah kecelakaan yg sering terjadi ditikungan turunan - naikan, jl. Mayor zainal arifin membutuhkan tanda atau marka jalan yg bisa menurunkan kecepatan pengguna kendaraan bermotor, karena pengguna kendaraan sering kali mengebut dan tidak bisa mengurangi kecepatan secara spontan didaerah tersebut. Terima kasih.

  • saya ingin bertanya untuk pendaftaran beasiswa tanggal berapa mulainya?

  • Selamat pagi, saya mau menanyakan beasiswa pemkot untuk tahun ini, apakah sudah di buka untuk pendaftaran? Trimakasih


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id