main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Visi & Misi

Visi dan Misi

 

Visi pembangunan daerah Kota Balikpapan untuk periode RPJMD 2016-2021 sesuai dengan visi kepala daerah terpilih adalah sebagai berikut: 

“Mewujudkan Balikpapan Sebagai Kota Terkemuka yang Nyaman Dihuni dan Berkelanjutan Menuju Madinatul Iman”

Kota Balikpapan sebagai Kota Nyaman Dihuni (Livable City) adalah suatu kondisi lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktivitas yang dilihat dari berbagai aspek baik aspek fisik (fasilitas perkotaan, prasarana, tata ruang, dll) maupun aspek non-fisik (hubungan sosial, aktivitas ekonomi, dll). Prinsip-prinsip dari Livable City diantaranya :

  1. Tersedianya berbagai kebutuhan dasar masyarakat perkotaan (hunian yang layak, air bersih, listrik)
  2. Tersedianya berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial (transportasi publik, taman kota, fasilitas kesehatan/ kesehatan/ ibadah)
  3. Tersedianya ruang dan tempat publik untuk bersosialisasi dan berinteraksi
  4. Keamanan, bebas dari rasa takut.
  5. Mendukung fungsi ekonomi, sosial dan budaya
  6. Sanitasi lingkungan dan keindahan lingkungan fisik

Madinatul Iman, mengandung makna sebagai berikut :

  1. Suatu sistem sosial yang tumbuh dan berkembang, yang berasaskan pada prinsip moral.
  2. Menjamin kebebasan perorangan dengan tetap memperhatikan kestabilan masyarakat.
  3. Mendorong daya usaha dan inisiatif individu di segala bidang penyelenggaraan pemerintahan dengan mengacu pada peraturan perundangan-undangan.
  4. Tatanan masyarakat yang beriman, sejahtera, religius dan berperadaban maju

Misi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih menjadi Misi Kota Balikpapan Tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi;
  2. Mewujudkan Kota Layak Huni Yang Berwawasan Lingkungan;
  3. Meningkatkan infrastruktur kota yang representatif;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik.


Sementara itu, Visi dan Misi Kota Balikpapan seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Balikpapan Tahun 2005-2025 (Perda No. 1 Tahun 2013) adalah sebagai berikut :

 

Visi :

“Terwujudnya Balikpapan sebagai Kota 5 Dimensi: Jasa, Industri, Perdagangan, Pariwisata, Pendidikan & Budaya dalam Bingkai Madinatul Iman“

 

Misi :

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing;
  2. Menyediakan infrastruktur kota yang memadai;
  3. Mewujudkan kota layak huni yang berwawasan lingkungan;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kepemerintahan yang baik



 Buku Tamu
  • Saya mahasiswa balikpapan semester 1 yang akan menempuh semester 2,hasil khs semester 1 saya sudah keluar. Saya ingin bertanya tentang penerimaan beasiswa stimulan tersebut dan prosedur yang akan di lakukan jika kita ingin mendapatkan beasiswa tersebut,dikarenakan di web beasiswa dikatakan bahwa beasiswa telah ditutup

  • Selamat siang, saya mau bertanya bagaimana cara mendapatkan beasiswa dari pemkot Balikpapan??

  • Salam, saat memasuki tahap ke tiga beasiswa saya sudah mengirimkan berkas ke bagian kesra tapi sampai saat ini saya tidak dikonfirmasi perihal penerimaan ataupun eliminasi dari tahap tersebut dan skrg website beasiswa sudah ditutup, bgmn kelanjutan beasiswa saya ya?

  • Selamat Pagi,,,Saya mewakilin warga RT.26 sepinggan raya dan sekitarnya,mohon dibantu untuk mengecek ke toko yang terletak di rt.26 sepinggan raya samping pagar bandara sebelah timur karena toko tersebut menjual barang-barang yang sudah lewat tanggal kadar luarsanya,semalam baru terjadi lagi ada warga beli indomie dan dikomplai selalu tidak mau, alasannya barang yang dijual selalu dicek tapi kenyataannya barang tersebut sudah lewat tanggal kadar luarsanya. Mohon segera di tindak / cek langsung ke TKP. Terima kasih

  • Yth Bapak Walikota Dan Bapak Wakil Walikota Balikpapan kami mohon ada perbaikan pelayanan IMTN,di Kecamatan. Bila perlu IMTN sebaiknya masuk di Pelayanan Dinas Perijinan Terpadu Verifikasi data. .Gedungnya bagus, pelayanan sistematis, sehat,kondusif, tepat waktu, survei, yang ahli pertanahan buktikan kompotensinya disini. Terima Kasih. Wassalamualaikum Wr Wb.

  • Selamat siang, Admin. Saya mau tanya terkait jadwal beasiswa dari pemkot balikpapan kapan ya dibuka untuk tahun 2018?

  • assalamualikum admin. saya salah satu penerima beasiswa, smpai saat ini dana bea blum terkirim. rekening yg sya gunakan atas nama orng lain. apakah hrus gnti rekening?bgaimna ngurusnya?

  • Mohon kami diperhatikan untuk distribusi air wilayah telkom lama inpres 4 Balikpapan pak. Sedihnya slama saya 14thn tinggal di balikpapan kok "NGENES" sbb kontribusi saya bayar abodemen PDAM stiap bulan rutin tapi susah untuk meknikmati AIRnya.. kami terpaksa harus beli air terus. Khabarny jika rumah dekat pejabat tidak akan mengalami kesulitan sprt kami.. benarkah bgitu kondisinya?.. tolong pejabat perhatikan kami dengan keadilan dan kebijaksanaanya khusus untuk pejabat PDAM tolonglah ADIL dan MERATA.. terima kasih

  • Pagi kak, mau tanya. Untuk informasi pengumuman daftar nomor rekening yg bermasalah pencairan beasiswa dilihat dmna ya kak?
  • Assalamualaikum.Wr.Wb perkenalkan nama saya sandy mahasiwa asal balikpapan yang sedang menempuh pendidikan di makassar. selama saya menempuh pendidikan di makassar saya bertempat tinggal di ASRAMA BALIKPAPAN yang berada di makassar. melihat kondisi yang sekarang sungguh sangat miris apalagi melihat bahwa asrama ini masih terhitung dalam aset pemerintah kota balikpapan. saya memohon agar asrama kami segera diperbaiki. kami sudah berusaha untuk mengajukan proposal perbaikan asrama ke pemerintah kota akan tetapi sampai skrng belum ada tanggapan. TERIMA KASIH


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id