main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Visi & Misi

Visi dan Misi

 

Visi pembangunan daerah Kota Balikpapan untuk periode RPJMD 2016-2021 sesuai dengan visi kepala daerah terpilih adalah sebagai berikut: 

“Mewujudkan Balikpapan Sebagai Kota Terkemuka yang Nyaman Dihuni dan Berkelanjutan Menuju Madinatul Iman”

Kota Balikpapan sebagai Kota Nyaman Dihuni (Livable City) adalah suatu kondisi lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktivitas yang dilihat dari berbagai aspek baik aspek fisik (fasilitas perkotaan, prasarana, tata ruang, dll) maupun aspek non-fisik (hubungan sosial, aktivitas ekonomi, dll). Prinsip-prinsip dari Livable City diantaranya :

  1. Tersedianya berbagai kebutuhan dasar masyarakat perkotaan (hunian yang layak, air bersih, listrik)
  2. Tersedianya berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial (transportasi publik, taman kota, fasilitas kesehatan/ kesehatan/ ibadah)
  3. Tersedianya ruang dan tempat publik untuk bersosialisasi dan berinteraksi
  4. Keamanan, bebas dari rasa takut.
  5. Mendukung fungsi ekonomi, sosial dan budaya
  6. Sanitasi lingkungan dan keindahan lingkungan fisik

Madinatul Iman, mengandung makna sebagai berikut :

  1. Suatu sistem sosial yang tumbuh dan berkembang, yang berasaskan pada prinsip moral.
  2. Menjamin kebebasan perorangan dengan tetap memperhatikan kestabilan masyarakat.
  3. Mendorong daya usaha dan inisiatif individu di segala bidang penyelenggaraan pemerintahan dengan mengacu pada peraturan perundangan-undangan.
  4. Tatanan masyarakat yang beriman, sejahtera, religius dan berperadaban maju

Misi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih menjadi Misi Kota Balikpapan Tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi;
  2. Mewujudkan Kota Layak Huni Yang Berwawasan Lingkungan;
  3. Meningkatkan infrastruktur kota yang representatif;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik.


Sementara itu, Visi dan Misi Kota Balikpapan seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Balikpapan Tahun 2005-2025 (Perda No. 1 Tahun 2013) adalah sebagai berikut :

 

Visi :

“Terwujudnya Balikpapan sebagai Kota 5 Dimensi: Jasa, Industri, Perdagangan, Pariwisata, Pendidikan & Budaya dalam Bingkai Madinatul Iman“

 

Misi :

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing;
  2. Menyediakan infrastruktur kota yang memadai;
  3. Mewujudkan kota layak huni yang berwawasan lingkungan;
  4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif;
  5. Mewujudkan penyelenggaraan tata kepemerintahan yang baik



 Buku Tamu
  • Kepada Yth Bapak Lurah Sepinggan Baru, agar kiranya dapat memberi penjelasan apa tujuan dan fungsi dari Fasilitas Umum Perumahan Korpri Blok 1 F RT 29 dan RT 28, apakah warga sekitarnya tidak bisa memanfaatkannya. Apakah Fasum2 perumahan itu diperuntukkan masing2 RT sesuai rencana awal diadakannya perumahan Korpri. . didepan rumah saya Fasumnya aneh di Patok sebelah larangan bagi warga bukan RT sebelah menggunakannya. sementara Pembangunan Fasum tersebut juga diambil dari uang APBD Kota Balikpapan bukan dana sumbangan. Kalo memang dilarang menggunakan fasum dan sejenisnya bikin saja Rambu larangan dari pada menanam Patok membahayakan pejalan kaki dan anak-anak. Lahannyapun juga bagian dari Perumahan Korpri., bukankah fasum diurus oleh bagian Pertamanan Kota Kami juga mau menanyakan mekanisme hibah tanah negara milik Pemkot Balikpapan yang tidak untuk kepentingan umum.

  • Assalamualaikum min setelah tes SKB CPNS kpn lagi jdwl utk psikotes krn dipengumuman sebelumnya selain SKB ada psikotesnya. Terimakasih

  • Assalamualaikum min gimana sudah ada info untuk perengkingan SKB tiap instansi. Kira2 kapan ya dari kota lain sdh mengeluarkan kpn dibalikpapan. Terimakasih

  • Mohon info, pengumuman hasil test SKD CPNS kapan? Terima kasih

  • Selamat sore, mohon infonya kapan hasil tes skd cpns 2018 balikpapan ya?di reply ya min... trima kasih

  • Slmt siang min.. Kapan nih pengumuman hasil SKD, knp Balikpapan lama sekali mengumumkan hasil tes. wilayah lain yang terpencil aja sudah mengumumkan hasil tesnya, mohon info secepatnya agar kami mendapat kepastian apakah saya masuk dalam perankingan. Harap2 cemas min....

  • Selamat pagi min mw tanya smpai saat ini blm ada pengumuman mengenai hasil SKD kah? Terima kasih

  • Min, kpn keluar pengumuman hasil tes SKD. Saya malah khawatir ketinggalan info... Knp Balikpapan blm mengumumkan peserta yang lulus SKD, kok lama banget ya...

  • assalamualaikum...mohon info pengumuman SKB CPNS di Balikpapan kapan ya?

  • Sore min, kpn pengumuman dan jadwal SKB CPNS 2018...?? katanya hari ini pengumuman serentak berikut daftar nama peserta yang lulus perankingan dan lulus Passing Grade Thanks min...


      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id