main background

Bila anda mempunyai keluhan, pertanyaan, kritik dan saran terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, segera sampaikan kepada SiTanggap melalui nomor 08115440542 (khusus sms), akun facebook.com/pemkotbpn , akun twitter:  @PemkotBPN atau melalui buku tamu di laman balikpapan.go.id

Selayang Pandang

Fakta Geografis

Balikpapan  adalah salah satu kota besar yang berada di Provinsi Kalimantan Timur dengan luas wilayah mencapai 843,48 KM2, yang terdiri atas 503,30 KM2 daratan dan 340,18 KM2 perairan. Batas wilayah kota ini meliputi Kabupaten Kutai Kertanegara pada bagian utara, Selat Makassar pada bagian Selatan dan Timur, serta Penajam Paser Utara pada Bagian Barat.


Secara umum kota ini memiliki kontur wilayah yang umumnya berbukit (85%) dengan ketinggian antara 0 sampai dengan lebih dari 100 meter diatas permukaan laut (mdpl). Sebagian besar jenis tanah Balikpapan adalah podsolik merah-kuning, alluvial, dan pasir kuarsa yang mudah tererosi.

Penduduk yang Heterogen dan Damai

Sampai dengan bulan Januari 2015 jumlah penduduk di kota Balikpapan mencapai 706.414 Jiwa yang tersebar di 6 kecamatan, dan kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi adalah kecamatan Balikpapan Utara. Pembangunan pesat dan peluang ekonomi yang tinggi mengundang arus pendatang yang cukup besar. Pada tahun 2014 laju pertumbuhan penduduk di kota Balikpapan mencapai 5,01% atau bertambah sebesar 36.301 Jiwa, dengan kepadatan penduduk mencapai 1.380 jiwa/KM2.


Besarnya jumlah pendatang di Kota Balikpapan telah membawa keberagaman etnis, sehingga Balikpapan dikenal sebagai kota yang heterogen, baik dari segi adat istiadat maupun agama. Namun demikian hal ini tidak menjadi kendala dalam mewujudkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Tercatat setidaknya 104 kelompok etnis/paguyuban yang ada di Balikpapan. Paguyuban ini berperan penting dalam menjaga keharmonisan masyarakat, sehingga Balikpapan menjadi salah satu kota paling kondusif di Indonesia.


Perekonomian yang Menjanjikan

Dari sisi ekonomi, kota Balikpapan berada di tengah jaringan transportasi yakni Trans Kalimantan dan Trans Nasional serta memiliki Pelabuhan Laut dan udara terbesar di Kalimantan Timur yaitu Pelabuhan Laut Semayang dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Kondisi ini menyebabkan Kota Balikpapan memiliki posisi yang strategis diantara kabupaten/kota lain yang yang berada di Provinsi Kalimantan Timur dan dianggap sebagai Pintu Gerbang Kaltim. Mudahnya jalur transportasi tersebut menyebabkan pesatnya pembangunan di kota Balikpapan.


Eksistensi Balikpapan sebagai kota Jasa menjadikan daerah ini sebagai Kota MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) kesepuluh di Indonesia, yakni sebagai kota yang menjadi pusat pertemuan, konferensi, dan pameran di indonesia. Setiap tahunnya berbagai kegiatan pameran dengan skala nasional maupun internasional digelar di Balikpapan. Konsep Kota MICE ini juga ditunjang oleh beragam fasilitas yang telah tersedia seperti gedung pertemuan, hotel, dan sebuah gedung kesenian seluas 12.800 M2 yang dapat menampung pengunjung lebih dari 1000 orang.


Pertumbuhan ekonomi di Kota Balikpapan semakin meningkat dengan beroperasinya terminal baru Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan sejak 22 Maret 2014 lalu dan kemudian diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 15 september 2014. Terminal baru yang mengusung konsep modern eco-airport ini mampu menampung 15 juta penumpang per tahun dengan luasan mencapai 110.000 meter persegi. Dengan luasan terminal tersebut menjadikan bandara ini sebagai gerbang udara terbesar dan termegah di kawasan timur Indonesia, dan terbesar ketiga di Indonesia.


Proyek infrastruktur besar lain yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Balikpapan adalah Kawasan Industri Kariangau, yang terletak di bagian barat laut kota. Kawasan industri terpadu seluas 2.271 hektar ini dikembangkan untuk mepermudah untuk mengangkut dan mendistribusikan produknya dari dan ke Balikpapan, serta mengantisipasi dampak negatif yang mungkin timbul akibat pembangunan pabrik yang tidak terkontrol. Kawasan ini juga dilengkapi dengan keberadaan Pelabuhan Peti Kemas Internasional Kariangau, yang merupakan terbesar di kawasan timur Indonesia.


Berkomitmen terhadap Kelestarian Lingkungan

Pemerintah serta masyarakat Balikpapan dikenal akan kepeduliannya terhadap lingkungan. Penghargaan Adipura, Adiwiyata, serta Kalpataru yang kerap diperoleh membuktikan bahwa budaya bersih dan wawasan lingkungan telah menjadi bagian dan ciri dari masyarakat Balikpapan. Gerakan Clean, Green, and Healthy (CGH) yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan sejak awal tahun 2000-an mendapat sambutan baik dari masyarakat dan terus bergulir hingga sekarang, baik melalui program pemerintah maupun kegiatan inisiatif masyarakat.


Selain itu, Pemerintah Kota Balikpapan mengeluarkan kebijakan rasio 52:48 dalam penataan ruang (52 persen kawasan lindung/hijau dan 48 persen sisanya untuk kawasan budidaya) serta pelarangan tambang batu bara terbuka. Kedua kebijakan ini bertujuan untuk menghindari kerusakan lingkungan seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

 Buku Tamu
  • Assalamualaikum wr wb, saya peserta yang mendaftar program beasiswa balikpapan 2019 s1 eksakta luar daerah, dikarenakan kesalahan saya dalam mencantumkan jumlah mata kuliah yang tidak sesuai dengan KHS, apakah tidak ada kesempatan dalam memperbaiki jumlah mata kuliah sesuai dengan KHS yang telah saya kirimkan? Terima kasih atas perhatiannya, saya sudah menanyakan ke bagian informasi belum ada respon dan tanggapan, semoga ini dapat membantu

  • Min, saya sudah daftar sejak 2 hari yang lalu. Tapi nama saya belum ada di daftar seleksi. Itu kenapa ya?

  • Min jika udah mendaftar beasiswa tetapi ngecek di tahap 1 tidak ada nama kita apakah harus mengulangin pendaftaranyaa????

  • halo min, berkaitan dengan beasiswa balikpapan. saya sudah melalukan pendaftaran tapi waktu registrasi malah terulang kembali, saya sudah coba berulangkali tapi tetap seperti itu. apakah kesalahan server? atau bagaimana? saya sudah hubungi kontak yang tersedia tapi tidak direspon.

  • Kapan beasiswa pemkot untuk tahun 2019

  • Mau tanya min, format yg benar untuk penulisan no. kk dan ktp di pendaftaran beasiswa stimulan bagaimana ya? Kenapa ketika saya daftar selalu ada jendela muncul yg mengatakan bahwa format penulisan saya salah

  • Selamat siang, mohon maaf sebelumnya, saya calon pemohon beasiswa, sedari kemarin sudah mencoba mendaftar tetapi form pendaftaran malah terulang kembali di bagian pengisian universitas nya, mohon bantuan dan informasinya. Terimakasih

  • Selamat siang min, saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi tapi registrasinya tidak bisa tersimpan, ketika diperiksa data univ hilang, itu kenapa ya? terima kasih

  • Selamat pagi, saya ingin bertanya. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa stimulan balikpapan dan ketika saya sudah memasuki nama perguruan tinggi tempat saya kuliah, muncul tetapi untuk program studi saya tidak ada malah hanya muncul 1 program studi saja untuk yang D4, bagaimana solusinya? Terimakasih

  • Selamat malam, min mau nanya saya dan beberapa teman saya sudah beberapa kali coba registrasi pendaftaran beasiswa stimulan tapi registrasi kami tidak bisa tersimpan, kenapa ya min? terima kasih min.

 

      

KONTAK KAMI

Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan
Telp. 0542-421500, 421600, 734115
Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id